Senin 01 Maret 2021, 15:47 WIB

Pengamat: Pemecatan di Demokrat tidak Terhindarkan

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Pengamat: Pemecatan di Demokrat tidak Terhindarkan

MI/Januari Hutabarat
Mantan Petinggi Partai Demokrat Jhoni Allen Marbun.

 

PENGAMAT politik dari UIN Ciputat Adi Prayitno mengatakan, pemecatan terhadap Jhoni Allen Marbun dan kawan-kawan menjadi jalan yang tidak terhindarkan untuk menjaga kedaulatan dan kehormatan Partai Demokrat.

Adi menduga para kader yang sudah dipecat tersebut sudah sempat diperingatkan dan diberi kesempatan untuk menghentikan manuver.

Baca juga: Muncul Klaster Ziarah, Banyumas Perketat Lagi Peribadatan & Pasar

“Saya yakin orang-orang yang ditengarai terlibat mestinya sudah sempat diingatkan. Tapi jika sudah diingatkan dan nekat jalan terus, pemecatan memang menjadi jalan yang tidak terhindarkan untuk menjaga kedaulatan dan kehormatan partai,” kata Adi dalam keterangan pers, Senin (1/3/2021).

Menurut Adi, pengurus dan kader bisa bertanya-tanya jika partai tidak tegas. Padahal saat ini sedang dibutuhkan soliditas internal yang kuat.  "Jika tidak tegas, justru itu bahkan menimbulkan keragu-raguan," lanjutnya. 

Jhoni Allen Marbun ialah anggota DPR RI dari dapil Sumatra Utara. Ia dipecat bersama dengan enam anggota biasa di antaranya adalah Tri Yulianto, Yus Sudarso, Syofwatillah Mohzaib, dan Ahmad Yahya. Adapun Jhoni akan dicopot sebagai anggota Dewan melalui mekanisme penggantian antar waktu (PAW) sesuai ketentuan yang berlaku. 

Sebelum pemecatan dilakukan, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengumumkan adanya dugaan upaya intervensi kekuasaan di tubuh partainya. Agar tidak terjadi kasak-kusuk. Agus mengumumkan hal tersebut secara terbuka pada 1 Februari lalu. 

"Keputusan AHY mengumumkan adanya gerakan pengambilalihan kekuasaan pimpinan partai menunjukkan keberaniannya mengambil keputusan pada waktu yang tepat," ujar Adi. 

Baca juga: Kasus Covid-19 di Babel Mulai Menurunan

Tidak hanya itu, Ketua Majelis Tinggi Partai (MTP) Susilo Bambang Yudhoyono dilaporkan sudah menegur dan memperingatkan Jhoni Allen sebagai anggota MTP untuk menghentikan aksi-aksinya. Akan tetapi, dia dan kawan-kawannya nekat jalan terus sehingga berujung pemecatan. 

Pemecatan diproses sesuai tata aturan partai melalui mekanisme Dewan Kehormatan (Wanhor) Partai. “Keputusan memecat kader-kader yang bermasalah menunjukkan lagi keberanian AHY mengambil keputusan tegas tanpa tergopoh-gopoh.” (RO/A-3)

Baca Juga

ANTARA

4 Pesan Mendagri di Wilayah Perbatasan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 23:40 WIB
Mendagri juga memberi empat catatan pesan untuk semua...
Dok. Kemenko PMK

BNPT: Upacara HUT ke-77 RI di Ponpes Milik Baasyir sebagai Rasa Syukur

👤Putra Ananda 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 22:10 WIB
Pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih yang berlangsung di Ngruki merupakan bukti cinta tanah air yang dilakukan oleh Abu Bakar...
Ist

Kapolri Dapat Dukungan dari Mahasiswa Terkait Penanganan Kasus Joshua

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 20:41 WIB
Jenderal Sigit dinilai mampu membuka kasus secara transparan, terbuka, dan berkeadilan serta tak pandang bulu sebagai bentuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya