Selasa 22 Desember 2020, 00:50 WIB

Papua Perlu Dialog Inklusif

Emir Chairullah | Politik dan Hukum
Papua Perlu Dialog Inklusif

Dok. Pribadi
Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Adriana Elisabeth.

 

PEMERINTAH diminta menggunakan tiga pendekatan yang terintegrasi dalam melakukan pembangunan di Papua. Ketiga pendekatan meliputi kemanusiaan, tanpa kekerasan, dan kesejahteraan, yang dianggap bisa mengakhiri konflik yang saat ini masih terjadi di wilayah itu.

“Jadi tidak bisa lagi pemerintah menyelesaikan masalah Papua hanya menggunakan pendekatan yang parsial,” ujar peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Adriana Elisabeth dalam diskusi daring bertajuk Papua: Pendekatan Sensivitas Konflik, kemarin.

Adriana menyebutkan, selama ini proses pembangunan di wilayah paling timur Indonesia itu berlangsung dalam situasi kekerasan. Akibatnya, hasil yang diharapkan tidak bisa optimal.

Ia menyarankan pemerintah memperbaiki strategi komunikasi dan menggunakan metode dialog yang lebih inklusif untuk mengatasi kesalahpahaman antara masyarakat Pa pua dan pemerintah pusat. Pemerintah juga perlu melakukan strategi koordinasi antara kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Jurnalis Media Indonesia Emir Chairullah yang menjadi penanggap dalam diskusi itu menilai pemerintah terkesan menjalankan langkah penyelesaian konflik, seperti negosiasi dan mediasi.

“Pemerintah malah terkesan membiarkan pendekatan kekerasan dilakukan di Papua. Padahal dalam jargonnya pemerintah ingin menggunakan pendekatan kesejahteraan,” ujar Emir yang juga meneliti persoalan Papua untuk meraih gelar doktor di Universitas Queesland, Australia.

Menurut Emir, pemerintah dan juga masyarakat Papua sudah memiliki instrumen yang baik dalam menyelesaikan konflik, yaitu dengan UU No 21/2001 tentang Otonomi Khusus Papua. Sayangnya sejumlah elite, baik di Jakarta maupun Papua, berusaha membajak pelaksanaan UU itu hingga memicu ketidakpuas an masyarakat setempat. (Che/P-2)

Baca Juga

MI/MOHAMAD IRFAN

NasDem Tegur Hillary Brigitta Lasut yang Minta Pengalawan TNI

👤Putra Ananda 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:53 WIB
NasDem tak pernah menginstruksikan kader yang menjadi anggota dewan mengajukan permintaan ajudan kepada...
MI/M. Irfan

Jaksa Eksekusi Uang Penganti Korupsi IM2 Sebesar Rp1,3 Triliun 

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 19:52 WIB
Gedung IM2 di tanah seluas 24.440 meter persegi yang terletak di Ragunan, Jakarta Selatan menjadi salah satu aset yang...
Ilustrasi

Buron Korupsi Mesin Genset yang Rugikan Negara Rp21 Miliar Ditangkap 

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 19:35 WIB
im Kejaksaan menangkap Mochtar pada Kamis (2/12) sekira pukul 14.00 WIB di kawasan Menteng, Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya