Rabu 25 November 2020, 17:11 WIB

Anita Kolopaking Akui Terima US$50 Ribu dari Jaksa Pinangki

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Anita Kolopaking Akui Terima US$50 Ribu dari Jaksa Pinangki

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
.

 

MANTAN pengacara Joko Soegiarto Tjandra, Anita Kolopaking, mengakui menerima uang dari jaksa Pinangki Sirna Malasari sebesar US$50 ribu. Uang itu didapatnya terkait legal fee yang dijanjikan Djoko Tjandra.

"Itu dari terdakwa (Pinangki)," kata Anita menjawab jaksa dalam sidang lanjutan kasus suap Djoko Tjandra di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (25/11). Anita bersaksi untuk terdakwa Pinangki dalam sidang itu.

Anita mengaku uang US$50 ribu itu didapatnya dari Pinangki sebagai pinjaman lantaran fee yang dijanjikan tak kunjung cair. Anita mengatakan informasi dari Joko Tjandra, fee yang dialokasikan untuknya dititipkan kepada Andi Irfan Jaya.

"Hak saya (US$) 200.000, success fee (US$) itu kalau nanti sudah selesai. Karena saya merasa dekat dengan terdakwa (Pinangki) jadi saya tanyakan terus terdakwa. Kan kata bapak (Joko Tjandra) sudah dititipkan ke Andi Irfan. Jadi saya menanyakan terus," kata Anita.

Namun, Anita mengatakan tak kunjung mendapat kepastian. Anita mengatakan Pinangki mengaku tak kunjung menerima uang itu dari Andi Irfan.

Lantaran membutuhkan dana operasional, Anita mengaku mendesak Pinangki untuk memberikan pinjaman yang bisa dipotong setelah Andi Irfan memberikan uang tersebut.

Anita mengatakan Pinangki mengiyakan permintaan itu. Anita mengaku menerima U$50 ribu dalam pecahan US$100 dibungkus amplop.

"Jadi saya ke sana kemudian Pinangki bilang ambil saja ini (pinjaman). Andi Irfan belum kasih. Di situ saya menjadi dongkol karena itu hak saya, mengapa saya jadi meminjam?" ungkapnya.

Dalam persidangan sebelumnya, Pinangki mengaku tidak pernah menyerahkan US$50 ribu kepada Anita di apartemen Dharmawangsa Essence seperti dalam dakwaan. Pada 26 November 2019 itu, Pinangki mengaku setelah pulang dari Kuala Lumpur tidak kembali ke apartemennya melainkan ke Sentul City.

Dalam perkara itu, Pinangki didakwa menerima suap US$500 ribu dari Joko Tjandra. Pinangki juga didakwa tindak pidana pencucian uang (TPPU). Pinangki juga didakwa melakukan pemufakatan jahat bersama dengan Andi Irfan Jaya dan Joko Tjandra untuk menyuap pejabat di Kejagung dan MA. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Aktivis Desak Listyo Sigit Tuntaskan Kasus Novel

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 15 Januari 2021, 22:10 WIB
Tim Advokasi Novel Baswedan menilai penyelidikan maupun penyidikan yang dilakukan oleh Kepolisian tidak kunjung menuai...
Antara

ICW Minta Komjak Proses Laporan Jaksa Nakal Kasus Pinangki

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 15 Januari 2021, 20:20 WIB
Sebelumnya, ICW telah melaporkan tiga orang jaksa penyidik dalam dugaan kasus gratifikasi pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) Joko...
ANTARA

Wapres: Pulihkan Pariwista, Pemerintah Siapkan Basis Data Terpadu

👤Emir Chairullah 🕔Jumat 15 Januari 2021, 19:50 WIB
Data terpadu diperlukan untuk memberikan bantuan produktif kepada UMKM yang tidak menerima pinjaman dari lembaga keuangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya