Senin 26 Oktober 2020, 21:34 WIB

Mahfud MD Terima Rachmawati, Sepakat Anarki Harus Diproses Hukum

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Mahfud MD Terima Rachmawati, Sepakat Anarki Harus Diproses Hukum

Dok.Kemenkopolhukam
Menkopolhukam Mahfud MD bersama Rachmawati Soekarnoputri (kanan)

 

MENTERI Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD berdiskusi empat mata dengan Rachmawati Soekarnoputri. Keduanya membahas persoalan terkini yang dihadapi bangsa.

“Nah dari segi teknis, operasional mungkin berbeda, tetapi kami berdua sepakat untuk mencari kanalisasi untuk memperbaiki bangsa ke depan," ujar Mahfud usai berdiskusi dengan Rachmawati di kantor Kementerian Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta, Senin (26/10).

Mahfud mengatakan, Rachmawati dan pemerintah ingin menjaga NKRI sebagaimana dulu diperjuangkan ayahnya, Bung Karno. Keduanya sepakat bahwa demokrasi harus terus dikembangkan, menyatakan pendapat tidak boleh bungkam dan anarki.

“Intinya, Mbak Rahma itu punya concern agar di Indonesia ini tetap terjaga dengan baik, dalam situasi apapun dan dalam perbedaan politik apapun,” lanjut Mahfud.

Dalam diskusi empat mata tersebut, menurut Mahfud, membahas situasi politik yang sekarang diwarnai oleh banyak demonstrasi dan gerakan-gerakan massa. Mereka sependapat, bahwa demo, berkumpul, berorganisasi untuk menyampaikan pendapat itu adalah boleh, karena itu adalah bagian dari demokarasi.

Mahfud mengaku bahwa Rachmawati juga sepakat jika sebuah demokrasi diboncengi oleh anarki, nomokrasi akan bekerja. Kalau demokrasi itu kedaulatan rakyat, nomokrasi adalah kedaulatan hukum.

"Di antara demokrasi dan dan nomokrasi itu harus seimbang, kalau ada anarki didalam proses demokrasi maka hukum harus bekerja," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA/Mohamad Hamzah

Densus 88 Tangkap Profesor Bom Kelompok Teroris

👤 Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 01 Desember 2020, 00:13 WIB
Bungker sejenis tersebut juga telah ditemukan di Poso pada 2007, Klaten 2014, dan terakhir Lampung pada...
ANTARA/Sigid Kurniawan

Hakim Nilai Aneh Jaksa tidak Rinci Periksa Pinangki

👤 Sri Utami 🕔Senin 30 November 2020, 23:55 WIB
Hakim juga menanyakan terkait nama Joko S Tjandra yang disebut oleh terdakwa Pinangki Sirna Malasari saat pemeriksaan internal di Kejasaan...
MI/Ramdani

Demokrat Minta Pemerintah Segera Temukan Pelaku Teror di Sigi

👤Yohanes Manasye 🕔Senin 30 November 2020, 23:12 WIB
"Kita minta pemerintah, aparat penegak hukum, untuk segera menemukan siapa pelaku pembunuhan sadis itu dan apa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya