Jumat 28 Agustus 2020, 20:55 WIB

Megawati Geram Kepada yang Kerap Minta Presiden Jokowi Mundur

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Megawati Geram Kepada yang Kerap Minta Presiden Jokowi Mundur

MI/ADAM DWI
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri

 

KETUA Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, menyatakan dirinya merasa heran dengan adanya aspirasi yang meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mundur selama periode masa pemerintahannya berjalan. Megawati meminta mereka gentlemen dan bertarung dalam kontestasi presiden lewat pemilu.

Hal ini disampaikan Megawati saat memberikan pidato dalam acara pengumuman calon kepala daerah dan wakil kepala daerah gelombang IV melalui telekonferensi, Jumat (28/8).

Hadir dalam acara itu jajaran pengurus pusat PDIP, Hasto Kristiyanto, Puan Maharani, Eriko Sotarduga, Juliari Batubara, Sadarestuwati, Ribka Tjiptaning dan Wiryanti Sukamdani.

"Banyak katanya orang yang tidak suka dengan pemerintahan yang sekarang, padahal berkali-kali saya mengatakan, pemerintahan ini ada pemilunya, pemilu langsung, lho. Bukan dulu seperti kita diputuskan hanya oleh MPR. Tolong diingat itu. Lha, kok minta Pak Jokowi mundur, Pak Jokowi tidak berhasil. Kenapa saya sebut beliau, ya, karena itu presiden kita, Kepala Negara kita," kata Megawati.

Megawati menambahkan, PDIP merupakan partai politik pengusung Presiden Jokowi. Karena itu, PDIP akan membela pria asal Solo itu.

"Kita ini kan punya mekanisme, ada pengusung, ada pendukung, kadang sering kali dibaurkan. Saya bilang salah, kita pengusungnya," jelas dia.

Baca juga: Staf Khusus Benarkan Tito Karnavian sedang ke Singapura

Megawati mengingatkan sebagai partai pengusung punya syarat tentang kepemilikan kursi di DPR RI. Bahkan, sistem pemilu itu juga diterapkan di daerah.

Ia mengingatkan, seperti di Jawa Tengah dan Bali, PDIP berhak untuk mengusung sendiri calonnya. Menurut dia, sistem politik seperti ini merupakan refleksi kepercayaan rakyat kepada partai politik. Karena itu, Megawati heran apabila ada segelintir orang tidak menyatakan ketidaksukaannya kepada pemimpin, sementara buktinya, keinginan masyarakat umum sudah memberikan mandatnya.

"Rakyat percaya kepada kita untuk mendapatkan Pilkada ini, pemimpin yang dapat memimpin rakyatnya," jelas Megawati. (OL-4)

Baca Juga

Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Tinjau Posko SJ 182, Jokowi: Perketat Pemeriksaan Pesawat

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 20 Januari 2021, 17:00 WIB
Kepala Negara menegaskan bahwa keselamatan adalah aspek terpenting dalam bidang transportasi. Khususnya, pemeriksaan dan pengawasan...
ANTARA/Galih Pradipta

Komisi III DPR Sepakat Listyo Sigit Prabowo Pimpin Polri

👤Sri Utami 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:47 WIB
Listyo dinilai oleh beberapa anggota Komisi III memiliki komitmen yang kuat dalam merevolusi kultur dan kinerja dalam mengupayakan...
MI/Susanto

Jalan Listyo Menuju Kursi Kapolri Dinilai Mulus

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:15 WIB
Menurut pengamat kepolisian dari ISESS, pemilihan Kapolri di parlemen akan berujung aklamasi dengan suara dukungan terhadap calon...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya