Senin 08 Juni 2020, 21:55 WIB

Kopassus dan BNPT Bahas Sinergitas Penanggulangan Terorisme

Kopassus dan BNPT Bahas Sinergitas Penanggulangan Terorisme

ANTARA/HO-Pen Kopassus
Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa memberikan plakat kepada Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar di Markas Kopassus, Cijantung.

 

Danjen Kopassus Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa menerima kunjungan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar untuk membahas beberapa rencana kerja sama, salah satunya adalah upaya meningkatkan sinergitas kedua lembaga dalam penanggulangan terorisme.

Kepala BNPT yang datang didampingi Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis, dan Kepala Biro Umum BNPT Brigjen TNI Dadang Hendrayudha, diterima di ruang tamu Danjen Kopassus, di Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Senin (8/6).

Dalam keterangannya, Kepala BPNT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, selain penanggulangan teror, dalam kesempatan tersebut juga dibicarakan kemungkinan kerja sama peningkatan kemampuan personel.

Karena, lanjut dia, hingga saat ini prajurit Kopassus menjadi salah satu tulang punggung pelaksanaan tugas penanggulangan terorisme di BNPT.

Ia pun berharap ke depannya akan ada terus kerja sama dalam bidang pembinaan kemampuan.

"Agar negara bisa mengelola dan menghadapi potensi ancaman maupun aksi teror, maka tentu diperlukan adanya pembinaan kemampuan dalam bentuk latihan bersama," ujarnya.

Pelatihan ini bisa terkait juga dengan penanggulangan aksi teror ataupun dalam bidang kontra radikalisme dengan mengedepankan kegiatan di lapangan.

"Kita tahu bahwa masalah radikalisme kini menimbulkan keresahan, menimbulkan kecemasan di kalangan masyarakat dalam hal ini radikalisme yang mengarah pada perbuatan teror," kata Boy.

Sementara itu terkait dengan penanggulangan terorisme, Danjen Kopassus I Nyoman Cantiasa menyambut baik upaya-upaya yang dilakukan oleh BNPT.

Menurut Cantiasa, Kopassus siap untuk mendukung upaya tersebut dengan mengerahkan kekuatan Kopassus mengingat penanggulangan terorisme tidak dapat diupayakan sendiri-sendiri.

"Kopassus siap mendukung dan memperkuat kegiatan di BNPT dalam rangka melaksanakan tugas-tugas pencegahan dan kegiatan deradikalisasi. Harapannya kita tetap meningkatkan kerja sama kemudian meningkatkan sumber daya kita dalam rangka tukar menukar informasi, atau sharing sehingga tugas yang diberikan kepada kita bisa dengan baik kita laksanakan bersama BNPT," tambah Danjen Kopassus. (Antara/OL-09)

Baca Juga

Antara

Soal Dana Kampanye Hitam, Bawaslu tak Boleh Tinggal Diam

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 29 Januari 2023, 19:22 WIB
Diketahui, PPATK menemukan uang hasil kejahatan lingkungan atau Green Financial Crime mengalir ke anggota partai politik, untuk mendanai...
Dok. DPP Partai NasDem

Pakar: Peluang NasDem untuk Berkoalisi Terbuka Lebar

👤Sri Utami 🕔Minggu 29 Januari 2023, 18:07 WIB
Dengan posisi Anies Baswedan sebagai calon presiden yang diusung dalam Pemilu 2024, membuat posisi tawar Partai NasDem semakin...
MI/ Moh Irfan

KPU Imbau Peserta Pemilu 2024 Tak Gunakan Dana Kampanye Ilegal

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 29 Januari 2023, 15:06 WIB
KPU mengimbau peserta Pemilu 2024 untuk tak gunakan dana kampanye ilegal. Komisioner KPU RI Idham Holik mengemukakan akan ada sanksi pidana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya