Rabu 22 Januari 2020, 19:01 WIB

Wantimpres akan Jaring Aspirasi Masyarakat Luas

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Wantimpres akan Jaring Aspirasi Masyarakat Luas

Antara/Nova Wahyudi
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden

 

DEWAN Pertimbangan Presiden (Wantimpres) bakal menjaring aspirasi masyarakat seluasnya sebagai bahan memberikan nasihat kepada presiden.

Ketua Wantimpres Wiranto mengatakan, pihaknya akan berperan sebagai pembeda dalam memberi masukan terkait kebijakan-kebijakan yang dijalankan pemerintah.

"Kami harus mampu mendengarkan aspirasi masyarakat, aspirasi, dan harapan-harapan mereka yang tidak tertangkap oleh presiden," kata Wiranto usai bertemu Presiden Jokowi di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (22/1).

Mantan Menko Polhulkam itu mengatakan peran Wantimpres nantinya juga akan membantu presiden dengan aktif mengidentifikasi masalah-masalah aktual terkait dengan kebijakan presiden.

Baca juga : Wantimpres dan Stafsus Segera Setor LHKPN

Wiranto menegaskan, Wantimpres tidak ingin memberikan pertimbangan yang telah diberikan oleh kementerian/lembaga lain untuk menghindari tumpang tindih dengan berbagai instrumen lain di pemerintahan.

"Kami juga akan mencoba mencari masalah-masalah aktual yang ada hubungannya dengan kebijakan presiden. Sehingga dari temuan-temuan kami bisa menyampaikan saran dan pertimbangan. Yang pasti kami tidak ingin nasihat itu duplikasi dengan yang lain apakah itu kementerian, lembaga, TNI, BIN, staf ahli," imbuhnya.

Wiranto mengimbuhkan nasihat yang akan diberikan kepada presiden nantinya bukan menjadi konsumsi publik. Hal itu, ujar dia, sudah diatur dalam ketentuan yang berlaku.

Dalam pertemuan itu, Wiranto didampingi anggota Wantimpres lainnya yakni Sidharto Danusubroto, Agung Laksono, Putri K Wardani, dan Lutfi bin Yahya. (OL-7)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Pengacara Ferdy Sambo Bantah Beri Amplop Tebal ke LPSK

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:54 WIB
"Sama sekali tidak ada peristiwa itu yang terjadi sebagaimana...
ANTARA FOTO/Bayu Pratama

IKN Diusulkan Masuk dalam PPHN

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:47 WIB
MPR RI mengusulkan IKN dimasukkan dalam PPHN sehingga pembangunan IKN bisa dilanjutkan. Sehingga siapapun presiden RI nantinya,...
MI/Susanto

Ini Kesaksian yang Menguatkan Kasus Pelecehan Putri Candrawathi Layak Disetop

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 12:38 WIB
"Semua saksi kejadian menyatakan almarhum Brigadir J tidak berada di dalam rumah, tapi di taman pekarangan depan rumah. Almarhum J...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya