Rabu 20 November 2019, 21:30 WIB

Setiap Instansi Boleh Menambah Syarat CPNS

Nur Aivanni | Politik dan Hukum
Setiap Instansi Boleh Menambah Syarat CPNS

Antara
Peserta mengikuti simulasi tes CPNS dengan menggunakan handphone android di Stadion H Dimurthala, Banda Aceh

 

PLT Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Paryono mengatakan bahwa setiap instansi boleh menambahkan syarat dalam pendaftaran CPNS asalkan ada kaitannya dengan posisi yang akan diisi di lembaga tersebut.

Hal itu disampaikannya saat menanggapi Kementerian Pertahanan yang melarang perempuan hamil untuk mendaftar sebagai CPNS di kementerian tersebut.

"Setiap instansi boleh menambahkan syarat asal ada hubungannya dengan jabatan," kata Paryono saat dihubungi, Rabu (20/11).

Hanya saja, diutarakan Paryono, terkait larangan perempuan hamil untuk daftar CPNS di Kemenhan tersebut menjadi bahan diskusi di BKN apakah itu termasuk melanggar ketentuan atau tidak.

"BKN melalui Deputi Wasdal sudah melayangkan surat ke beberapa instansi (pusat dan daerah) yang berpotensi melanggar norma, standar, prosedur dan kriteria. Jadi tunggu saja," kata dia.

Terlepas dari itu, Paryono menyampaikan bahwa sistem rekrutmen CPNS yang ada saat ini diharapkan bisa menghasilkan PNS yang memiliki kompetensi. "Diharapkan PNS dengan sistem rekrutmen seperti saat ini adalah PNS yang memiliki kompetensi sesuai dengan yang dipersyaratkan dalam jabatan," tandasnya. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA

Pemantau Berhak Gugat ke MK Wakili Kotak Kosong

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 02 Desember 2020, 21:00 WIB
Terdapat 25 daerah dengan satu pasangan calon pada Pilkada...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

Anak Buah Menantu Nurhadi Ungkap Aliran Rp15,1 Miliar

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:21 WIB
Hiendra diketahui merupakan Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (MIT). Dalam perkara ini, ia diduga menjadi pihak yang melakukan suap...
Antara

Kejagung Periksa Pejabat JICT dan Pelindo II di Kasus Pelabuhan

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:20 WIB
Sebelumnya, Hari sempat menjelaskan bahwa dugaan korupsi tersebut terkait dengan pengelolaan pelabuhan di Jakarta International Container...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya