Jumat 15 November 2019, 18:32 WIB

PKS Janji jadi Oposisi Bermartabat

Abdillah Muhammad Marzuqi | Politik dan Hukum
PKS Janji jadi Oposisi Bermartabat

Dok MI
Ketua DPP PKS Ledia Hanifa Amaliah

 

BAGI PKS, menjadi oposisi adalah kepatutan dalam sebuah sistem negara yang menganut paham demokrasi. Sama patutnya dengan partai lain yang bergabung dalam koalisi.

PKS juga menegaskan bahwa oposisi yang bakal dimainkan bukan oposisi jelek dan menjatuhkan seperti yang selama ini dicitrakan. PKS bertekad untuk menjadi oposisi yang bermartabat.

"Kita sudah sejak awal mengatakan bahwa kita akan jadi oposisi yang bermartabat, konstruktif, dan substanstif," terang Ketua DPP PKS Ledia Hanifa Amaliah di sela Rakornas PKS di Hotel Bidakara Jakarta (15/11).

Menurutnya, PKS bakal teguh sebagai oposisi meski berbeda partai lain yang telah memberikan dukungan kepada pemerintah. Tidak mungkin bagi PKS untuk mengajak partai lain untuk menjadi oposisi padahal posisi mereka sudah kadung koalisi.

"Kemudian juga partai-partai lain mungkin karena mereka memberikan dukungan. Kita tidak bisa dong ajak-ajak Nasdem (untuk jadi) oposisi," lanjutnya.

PKS juga mengajak Partai NasDem untuk bersikap kritis kendati termasuk dalam partai pendukung pemerintah.

"NasDem secara eksplisit juga menyatakan mendukung pemerintah, tapi kita mengajak untuk sama-sama mengkritisi. Kenapa? Karena kalau tidak ada yang mengingatkan itu kan jadi persoalan," lanjutnya.

Ledia juga mengungkap bahwa partai yang berada dalam koalisi juga punya keinginan yang sama dengan PKS yakni mengkritisi pemerintah. Hanya saja

"Meskipun mereka ada didalam mereka juga punya keinginan untuk melakukan kritisi. Kami diluar juga melakukan kritisi. Masing-masing dengan cara berbeda," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Dok MI

Wakil Ketua MPR Kutuk Serangan Teroris di Sulteng

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 November 2020, 17:10 WIB
Menurut Lestari, aksi teroris yang brutal menyerang warga dan rumah ibadah itu berpotensi menimbulkan konflik di tengah...
MI/Depi Gunawan

Terlibat Kasus Suap, Walkot Cimahi Berdalih tak Paham Aturan

👤Zaenal Arifin 🕔Sabtu 28 November 2020, 17:00 WIB
Kata Ajay Priatna, tidak ada suap yang diberikan pemilik rumah sakit swasta tersebut kepada dirinya yang bertujuan sebagai izin mendirikan...
dok KKP

Ditemukan Uang Tunai, Ruangan Menteri KKP Disegel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 28 November 2020, 15:44 WIB
Tim penyidik KPK menemukan beberapa dokumen dan barang bukti elektronik terkait dengan perkara dugaan suap yang diterima oleh tersangka...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya