Rabu 23 Oktober 2019, 10:40 WIB

Empat Teroris Jaringan JAD Ditangkap di 3 Tempat Berbeda

Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum
Empat Teroris Jaringan JAD Ditangkap di 3 Tempat Berbeda

ANTARA FOTO/Ardiansyah
Personel Brimob Polda Lampung berjaga saat penggeledahan rumah milik orangtua terduga teroris di Bandar Lampung, Lampung, Senin (21/10).

 

DENSUS 88 Antiteror Polri kembali menangkap empat terduga teroris. Keempatnya ditangkap di tiga wilayah dan waktu berbeda. Dua dari empat terduga teroris berinisial RL dan RB ditangkap di Sumatra Utara. Adapun, HR ditangkap di Jawa Tengah dan terakhir AO dicokok di Sumatra Barat.

"Secara keseluruhan empat orang ini terlihat aktif di jaringan JAD (Jamaah Ansharut Daulah)," kata Kabagpenum Humas Polri Kombes Asep Adisaputra.

Asep menuturkan keempat orang itu diduga kuat telah mengikuti idat atau pelatihan aksi teroris bersama kelompok masing-masing. Mereka diduga telah mempersiapkan diri melakukan aksi teror.

"Hal yang menjadi signifikan dari keterlibatan empat orang itu ialah telah melakukan idat atau latihan-latihan dalam rangka mempersiapkan diri melakukan aksi teror," kata dia.

Asep menegaskan Korps Bhayangkara tidak akan berhenti melakukan penegakan hukum pada kelompok teroris tersebut. Penangkapan terduga teroris akan terus dikembangkan.

"Ini merupakan sebuah keterkaitan seluruh jaringan JAD yang beberapa hari lalu terus dikembangkan di beberapa daerah,'' ujar Asep.

penangkapan empat terduga teroris itu, berarti total ada 43 terduga teroris yang ditangkap polisi sejak 14 Oktober 2019.

Penangkapan ini menyusul peristiwa penusukan terhadap Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto pada Kamis, 10 Oktober 2019.

Sebelumnya Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan Densus 88 Antiteror juga sudah menangkap empat terduga teroris di Jawa Barat.  

Empat orang ini yakni inisial OA yang ditangkap di Bandung, W dan A ditangkap di Cirebon, dan A alias Aulia alias Gondrong ditangkap di Bekasi.

OA, W dan A diketahui tergabung dalam kelompok teroris JAD Cirebon.

Adapun Aulia alias Gondrong merupakan anggota JAD Bekasi kelompok Abu Zee.  (Iam/Ant/P-1)

Baca Juga

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Polri: Tidak Ada Pendekatan Militer di Papua

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 November 2020, 22:55 WIB
Kehadiran aparat TNI dan Polri di tengah masyarakat Papua,justru untuk membantu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat itu...
dok.Mabesad

TNI AD dan AD Prancis Siapkan Latihan Gabungan di 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 November 2020, 21:55 WIB
KEPALA Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kedatangan Atase Angkatan Darat Prancis, di Mabesad TNI membahas latihan...
MI/Susanto

Baleg Prioritaskan RUU yang Tertunda di 2020

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 28 November 2020, 21:22 WIB
Badan Legislasi (Baleg) DPR belum menentukan Rancangan Undang-Undang (RUU) mana saja yang akan masuk dalam Program Legislasi Nasional...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya