Selasa 24 September 2019, 22:18 WIB

Mahasiswa Bakal Kawal DPR

Atalya Puspa | Politik dan Hukum
Mahasiswa Bakal Kawal DPR

ANTARA FOTO/Denis Amran
Foto udara suasana aksi mahasiswa di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senayan, Jakarta, hari ini.

 

KELOMPOK Mahasiswa kembali menyemut di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Selasa (24/9). Mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia datang untuk menyuarakan aspirasinya.

Ketua BEM Kema Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran Zaki Andika Saputra mengaku cukup berbahagia setelah DPR memutuskan untuk menunda empat Rancangan Undang-Undang yang selama ini menjadi tuntutan masyarakat luas.

"Keputusan DPR terkait menunda pengesahan 4 RUU cukup menggembirakan bagi mahasiswa yang turun ke jalan hari ini," kata Zaki kepada Media Indonesia, Selasa (24/9).

Dirinya mengungkapkan, untuk besok kemungkinan tidak ada aksi yang dilakukan kembali oleh mahasiswa, karena hari ini pihaknya merasa upayanya mengawal pemerintahan telah berhasil.

Baca juga: Petugas Stasiun Palmerah Ikut Nyanyikan Lagu Indonesia Pusaka

Namun begitu, Zaki menegaskan, mahasiswa akan terus mengawal RUU tersebut agar ke depannya dapat dicabut.

"Sekarang, tugas kami semua mengawal proses kedepannya yang akan berlangsung agar semua RUU karet yang ada dicabut tidak hanya ditunda," pungkasnya.

Seperti diketahui, DPR melalui Badan Musyawarah (Bamus), Senin (23/9), dan forum lobi pada Selasa (24/9) sepakat untuk menunda RUU KUHP dan RUU Lembaga Permasyarakatan untuk memberikan waktu kepada DPR maupun pemerintah mengkaji dan menyosialisasikan kembali secara masif isi dari kedua RUU tersebut agar masyarakat lebih bisa memahaminya.

Dua RUU lainnya, yaitu RUU Pertanahan dan RUU Minerba masih dalam pembahasan di tingkat pertama dan belum masuk dalam tahap pengambilan keputusan. (OL-4)

Baca Juga

Ist/DPR

DPR: Survei dan Hitung Cepat saat Pemilu Perlu Ditertibkan

👤mediaindonesia.comm 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:28 WIB
Jajak pendapat memang merupakan sebuah keniscayaan, namun sayangnya terkesan survei ini menjadi persoalan di tengah-tengah kehidupan...
BPMI Setpres

Tingkat Kepuasan Jokowi Naik, Pengamat: Kebijakan BLT BBM Diapresiasi Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:27 WIB
Pemberian BLT BBM sebagai kebijakan yang diambil pemerintah pascapenyesuaian harga BBM ternyata cukup diapresiasi oleh...
 MI/RAMDANI

Janji Anies, Lanjutkan Kepemimpinan Jokowi dan Beri Perubahan

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Senin 03 Oktober 2022, 14:20 WIB
Anies menyampaikan keberlanjutan merupakan sebuah keniscayaan dalam roda pemerintahan. Harus ada keberlangsungan pembangunan antar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya