Rabu 25 Juli 2018, 15:35 WIB

Survei: PDIP, Golkar, dan Gerindra Tertinggi

Achmad Zulfikar Fazli | Politik dan Hukum
Survei: PDIP, Golkar, dan Gerindra Tertinggi

MI/Susanto

 

PDI Perjuangan, Partai Golkar dan Partai Gerindra diprediksi bakal menempati posisi tiga besar dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2019. Elektabilitas ketiga partai tersebut masih yang tertinggi dibandingkan partai lain.

Berdasarkan hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network Denny JA, PDI Perjuangan menempati urutan pertama dengan 22,1% elektabilitas. Ada kenaikan 0,4% dari survei sebelum Pilkada serentak 2018. 

Posisi kedua diduduki Golkar dengan 15,8% elektabilitas dengan kenaikan 0,5% dibandingkan sebelum pilkada. Gerindra juga mengalami kenaikan dari 14,70% menjadi 15,2%.

"Partai yang potensial bisa merebut Pileg 2019, ada di top three kita yaitu PDI Perjuangan, Golkar dan Gerindra," kata peneliti LSI Denny JA Rully Akbar dalam rilis hasil survei 'Empat Isu Partai dan Ketua Umum: Sebelum dan Sesudah Pilkada' di kantor LSI Denny JA, Jakarta, Rabu (25/7).

Posisi keempat ditempati PKB dengan 7,2% dengan kenaikan sekitar 1% dari sebelum pilkada. Kemudian, Demokrat sebesar 5,4% atau naik sebesar 0,4% dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebesar 4,3% atau naik 2,1%.

"Dukungan terhadap tiga partai ini bisa meningkat jika mulai terasosiasi dengan capres (calon presiden) yang kuat dan program populer," jelas Rully.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di posisi ketujuh dengan elektabilitas sebesar 3,8%, Perindo 3,1%, NasDem 3%, dan PAN 2,1%. Meski masih berada di angka 3 persen, Rully menilai keempat partai itu masih berpeluang lolos parliamentary threshold (PT).

"Jika ditambah margin of error 2,8%, empat partai ini masih mungkin lolos PT empat persen," ucap dia.

Tak lolos PT
LSI Denny JA memprediksi enam partai politik tak akan lolos PT empat persen. Partai tersebut, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan 0,6%, Garuda 0,4%, Hanura 0,2%, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Berkarya masing-masing 0,1%. 

Menurut Rully, elektabilitas keenam partai tersebut sulit untuk didongkrak. Bahkan, partai tersebut tak akan mencapai empat persen sekalipun ditambah dengan margin of error 2,8% dan sisa swing voters 16,6%.

"Tanpa usaha ektra, enam partai ini tudak akan lolos PT di Pemilu 2019," kata dia.

Survei ini dilakukan dalam kurun waktu 29 Juni-5 Juli dengan metode multistage random sampling. Jumlah responden dalam survei ini sebanyak 1.200 orang dan margin of error sebesar 2,9%. (Medcom/OL-3)

Baca Juga

Ist/DPR

Komisi I DPR RI Setujui Pengangkatan Yudo Margono sebagai Panglima TNI

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 10:41 WIB
Komisi I DPR RI menyetujui pemberhentian Jenderal TNI Andika Perkasa dan Pengangkatan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima...
Antara

Jelang Nataru, Satgas Pangan Polri Akan Tindak Spekulan

👤Tri Subarkah 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 10:00 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berupaya memastikan ketersediaan pangan di tengah masyarakat jelang...
Antara

Berkat Kinerjanya, Erick Thohir Masuk Empat Besar Cawapres

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 07:52 WIB
Meningkatnya elektabilitas Erick Tohor sebagai cawapres diapresiasi Leo Agustino, pengamat politik Universitas Sultan Ageng...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya