Selasa 12 April 2022, 22:08 WIB

UD Trucks Quester Euro 5 Aman Pakai Bio Solar

Mediaindonesia.com | Otomotif
UD Trucks Quester Euro 5 Aman Pakai Bio Solar

MI/NURTJAHYADI
.

 

ASTRA UD Trucks mengundang sejumlah wartawan dalam acara Media Gathering dan Test Drive, bertajuk 'Astra UD Trucks Media Training Quester Euro 5' yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Mulia Senayan Jakarta, Selasa (12/4). 

Pada kesempatan ini Astra UD Trucks mengungkapkan berbagai kelebihan teknologi SCR yang memungkinkan produk Quester dapat memenuhi standar emisi Euro 5 meskipun mengonsumsi bahan bakar BioSolar. Dengan demikian, UD Trucks selangkah lebih maju dimana saat ini pemerintah baru saja memberlakukan aturan bahwa mulai 7 April 2022 ini, seluruh kendaraan bermesin diesel yang dijual di Indonesia wajib memenuhi standar emisi Euro 4. 

Di acara itu dipaparkan, bahwa secara umum terdapat dua teknologi untuk dapat memenuhi standar emisi gas buang sesuai ketetapan pemerintah, yang pertama yaitu menggunakan teknologi Exhaust Gas Recirculation (EGR). Caranya dengan memasukkan kembali sebagian sisa gas buang ke dalam saluran intake mesin. 

Karena teknologi ini sangat sensitif terhadap kualitas bahan bakar, mesin dengan EGR mengharuskan pengusaha truk untuk menggunakan bahan bakar bersulfur maksimal 50 ppm (setara dengan Pertamina Dex). 

Teknologi kedua yaitu Selective Catalytic Reduction (SCR) yang saat ini diterapkan pada Quester Euro 5. Teknologi ini ada pada saluran exhaust mesin dengan cara menyemprotkan cairan mengandung urea yang dinamai Ad Blue pada sisa gas buang mesin sebelum dilepas ke udara. Karena teknologi ini terpisah dari mesin utama sehingga mesin dengan SCR lebih fleksibel dalam mengonsumsi bahan bakar. Bahkan menurut Chief Executive Astra UD Trucks Winarto Martono, mesin Quester Euro 5 bisa mengonsumsi Bio Solar.

"Dengan menggunakan teknologi SCR, memungkinkan Quester dapat menggunakan bahan bakar Bio Solar atau solar subsidi, dengan tetap menghasilkan gas buang berstandar Euro 5. Ini sudah dibuktikan melalui hasil pengujian. Hal ini merupakan solusi yang tepat bagi tuntutan pemerintah dan kepentingan pengusaha truk di Indonesia," ungkap Winarto di Hotel Mulia Senayan, Selasa (12/4)

Teknologi SCR juga beroperasi pada suhu ruang bakar mesin yang optimal (suhu tinggi), sehingga memberi keuntungan bagi para pengusaha dimana konsumsi bahan bakar akan lebih efisien. Di sisi lain, dengan tidak adanya pergantian mesin maka seluruh suku cadang relatif sama, sehingga mempermudah pengusaha truk di dalam pengadaan part, edukasi mekanik dan pengemudi. 

"Saat ini Quester terbaru telah lulus pengujian emisi dari lembaga  independen penguji dan dinyatakan nilai NOx yang dihasilkan dibawah ambang batas Euro 5, sehingga  Quester memenuhi standar Emisi Euro 5 walaupun menggunakan bahan bakar biosolar atau B30 atau  bahan bakar bersubsidi. Selain itu, Quester Euro 5 telah didaftarkan Sertifikasi Uji Tipe (SUT) di Kementrian Perhubungam, sehingga Truk Quester Euro 5 siap mengaspal di jalan ”, lanjut Winarto.

Winarto mengakui bahwa teknologi SCR memiliki biaya tambahan untuk pembelian cairan Ad Blue, namun tetap saja hitungannya jauh lebih ekonomis dibandingkan penggunaan EGR yang mewajibkan penggunaan bahan bakar setara Pertamina Dex yang harganya saat ini mencapai Rp13.300/liter, dibandingkan dengan harga Bio Solar (Rp5.150/liter).

Pasalnya penggunaan Ad Blue ini hanya sebesar 3-5% dari bahan bakar yang digunakan. Jika 1 liter solar digunakan 3 Km, maka 1 Liter Ad Blue dapat digunakan untuk 75 Km. Sementara harga Ad Blue adalah Rp10.000/liter.

Pada umumnya pengusaha truk menjalankan armadanya per bulan per unit sejauh 6.000 km dengan asumsi pemakaian solar sebanyak 2.000 liter, maka penggunaan Ad Blue diperkirakan sebesar 80 liter atau senilai Rp 800.000/bulan. 

Tangki Ad Blue yang terdapat di Quester Euro 5 memiliki kapaitas 50 Liter sehingga dapat digunakan untuk jarak tempuh 3.750 km. Untuk mengontrol penggunaan Ad Blue pengemudi dapat melihat indikator Ad Blue pada dashboard truk. 

"Kami mengedukasi pelanggan untuk menyediakan 1 jerigen Ad Blue untuk cadangan saat kondisi darurat di dalam kabin truk. Ad Blue ini bukan cairan yang berbahaya dan tidak mudah terbakar, jadi aman dalam penyimpanan," imbuh Winarto.

Winarto juga menjelaskan, untuk setiap pembelian pertama Quester Euro 5 pihaknya memberikan gratis kepada pelanggan sebanyak 800 liter yang akan dibagi dalam 4 tahap pengiriman.  (S-4)

Baca Juga

Antara

Honda Tegaskan tidak Suntik Mati Mobilio

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 05:00 WIB
Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy menegaskan perusahaan tidak "menyuntik...
NMAA

Gelaran Road to Series IMX 2022 ke-4 SIap Menyapa Warga Medan

👤RO 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:39 WIB
Gelaran Road to Series IMX 2022 ke-4 ini diproyeksikan untuk menjalin kembali sinergitas para car enthusiast di Kota Medan dan sekitarnya...
OLX Autos

Pasar Mobkas Membaik, OLX Autos Beri Jaminan Lewat Kampanye #PilihYangPasti 

👤RO 🕔Rabu 25 Mei 2022, 22:37 WIB
Melalui campaign #PilihYangPasti, OLX Autos memberikan jaminan kepastian bagi pelanggan yang membutuhkan layanan yang aman, nyaman, cepat,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya