Senin 14 Maret 2022, 20:45 WIB

Ini Kata Konsumen Terkait Mesin Common Rail Isuzu 

RO | Otomotif
Ini Kata Konsumen Terkait Mesin Common Rail Isuzu 

IAMI
.

 

SETELAH mengalami beberapa kali penundaan, Pemerintah Indonesia akhirnya menetapkan standar emisi Euro4 pada mesin kendaraan diesel resmi berlaku mulai 7 April 2022. Dengan demikian, seluruh kendaraan bermesin diesel di yang diproduksi dan dijual di Indonesia wajib memenuhi standar emisi Euro4.

Kebijakan pemerintah tersebut diharapkan memberikan dampak positif bagi Indonesia untuk menekan pencemaran udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor, khususnya yang ditimbulken oleh mesin-mesin diesel. Harapan lainnya adalah untuk meningkatkan daya saing industri otomotif Indonesia di kancah global karena mampu memproduksi kendaraan niaga sesuai kebutuhan standar pasar mancanegara.

Untuk memenuhi standar Euro4 pada mesin diesel, para produsen mesin mau tidak mau harus menerapkan sistem pasokan bahan bakar berteknologi common rail pada mesin-mesin diesel buatan mereka, sebagai salah satu teknologi yang mampu menekan pancaran emisi gas buang mesin kendaraan secara signifikan. 

Sebagai produsen kendaraan spesialis bermesin diesel di Indonesia, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sudah menggunakan teknologi common rail pada Isuzu GIGA sejak 2011 silam. Dengan kata lain Isuzu Astra sudah berpengalaman dengan teknologi common rail beremisi Euro4 lebih dari 10 tahun. Begitu juga dalam hal layanan purna jual, mulai dari pengalaman mekanik dalam menangani mesin common rail, hingga spare part-nya yang sudah tersedia selama 10 tahun.

Owner PT Mitra Karya Makmur, Djoko Handoko mengatakan, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur sudah lama menggunakan kendaraan Isuzu. Menurutnya, urusan perawatan dan unit sejauh ini tidak pernah ada masalah, justru menguntungkan bagi perusahaan.

"Kami sudah dari pertama kali menggunakan Isuzu dengan mesin commin rail ini. Layanan purna jualnya juga sangat baik dan tentunya menguntungkan bagi kami,"ujar Djoko dalam sebuah acara talk show di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2022 di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (14/3).

Djoko mengakui layanan dari Isuzu Astra yang begitu sigap dalam memberikan aftersales service  kepada konsumen. Menurutnya, saat pemilik Isuzu Giga mengalami masalah langsung direspon dengan cepat, bahkan tidak harus menunggu lama dalam hal perbaikan unitnya.

Menyoal Euro4 yang akan direalisasikan awal bulan April 2022 nanti, Djoko juga mengatakan tidak masalah, karena mesin common rail Isuzu memiliki performa yang bagus dan dapat menggunakan bahan bakar fleksibel sesuai dengan kondisi di lapangan.

"Kami sebagai konsumen yang sudah lama menggunakan mesin commin rail Isuzu, maka tidak perlu khawatir menyambut kebijakan baru soal emisi gas buang Euro4 nanti," tutup Djoko. (S-4)

Baca Juga

EMLI

Pembalap Federal Oil Enea Bastianini Rebut Podium Utama di GP Prancis

👤RO 🕔Senin 16 Mei 2022, 17:20 WIB
Enea Bastianini berhasil memenangkan balapan di MotoGP Prancis 2022, Minggu, (15/5), setelah start dari posisi...
SIS

Mengenal Teknologi Suzuki Smart Hybrid

👤RO 🕔Minggu 15 Mei 2022, 23:18 WIB
Dengan teknologi Suzuki Smart Hybrid juga menandakan langkah awal Suzuki di Indonesia untuk membantu Pemerintah mewujudkan target...
AHM

AHM OIL Hadir dengan Kemasan Baru

👤RO 🕔Minggu 15 Mei 2022, 22:43 WIB
Keamanan juga menjadi poin utama. Tutup botol hanya bisa dipakai satu kali dan rusak ketika...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya