Jumat 05 Maret 2021, 17:08 WIB

Ban Motor Michelin Indonesia Kini Tanpa Bungkus Plastik

RO | Otomotif
Ban Motor Michelin Indonesia Kini Tanpa Bungkus Plastik

Michelin Indonesia
.

 

MICHELIN Indonesia mengumumkan langkah perusahaan untuk menghentikan penggunaan pembungkus plastik pada produk ban motornya. Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Michelin untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai serta menjalankan proses bisnis yang berkelanjutan.

Langkah ini juga diharapkan dapat mendukung kebijakan pemerintah dalam mengurangi sampah plastik sesuai Peraturan Presiden nomor 97 tahun 2017 tentang pengurangan sampah plastik hingga 30% pada tahun 2025.

Presiden Direktur Michelin Indonesia Steven Vette menyampaikan, perusahaannya berpegang teguh pada komitmen menciptakan proses bisnis yang berkelanjutan, melalui pendekatan ekonomi sirkular yaitu mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse), mendaur ulang (recycle), dan memperbarui (renew). 

"Menghilangkan bungkus plastik pada ban akan secara signifikan mengurangi sampah plastik sekali pakai yang dihasilkan oleh produk Michelin," ujar Steven Vette, Kamis (5/3).

Saat ini, mayoritas negara di dunia di mana Michelin menjalankan bisnisnya sudah tidak lagi menggunakan pembungkus plastik untuk ban mobil dan motor. Meskipun penjualan ban mobil penumpang di Indonesia tidak menggunakan bungkus plastik, sebagian besar ban roda dua masih dibungkus plastik.

Langkah Michelin untuk meniadakan bungkus plastik untuk ban motor dimulai sejak Maret 2021. Kebijakan ini akan diikuti oleh perusahaan Michelin lainnya di Indonesia, yaitu Multistrada Arah Sarana (MAS). 

Secara bertahap hingga akhir 2021, Michelin berharap dapat mengurangi lebih dari 80% sampah plastik sekali pakai yang dihasilkan oleh ban motor Michelin dan merek lain milik perusahaan Michelin.

"Setiap tahun Michelin dan MAS menghabiskan rata-rata 300,000 kilogram plastik untuk membungkus ban. Bungkus ini pada akhirnya dibuang dan menjadi sampah. Pada 2022 kami menargetkan 0 net sampah bungkus plastik ban. Kami percaya ini adalah langkah yang tepat sebagai bentuk tanggung jawab Michelin untuk mencapai proses bisnis yang berkelanjutan," papar Steven.

Kebijakan meniadakan bungkus plastik ini juga didukung sepenuhnya oleh mitra distribusi utama Michelin yaitu Planet Ban.

Head of Marketing Consumer Products Michelin Indonesia Roslina Komalasari memastikan, meskipun tanpa bungkus plastik, kualitas dan performa ban Michelin tidak akan berkurang atau terganggu. "Keuntungan dari tidak adanya pembungkus adalah pengguna yang ingin membeli ban dapat langsung melihat pola kembangan ban," imbuh Roslina. (S-4)

Baca Juga

DOK Pribadi.

TAF Hadirkan E-Catalog

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 18 April 2021, 01:26 WIB
Dalam bentuk dukungannya, TAF luncurkan inovasi terbaru dalam penyampaian informasi paket promo dan paket pembiayaan dalam bentuk...
Wuling Indonesia

Wuling Tampilkan Duet Confero dan Cortez Modif di IIMS 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 19:35 WIB
Selain menghadirkan line up yang dimilikinya, Wuling juga menghadirkan dua unit displai istimewa berupa New Confero S dan Cortez...
SIS

Suzuki Marine dan Tagana Gelar Kampanye Keselamatan Nelayan

👤RO 🕔Sabtu 17 April 2021, 18:49 WIB
Program keselamatan nelayan perlu diperhatikan dan menjadi prioritas bagi para nelayan yang sehari-hari menggantungkan hidup di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya