Jumat 26 Februari 2021, 19:09 WIB

Michelin Janjikan Ban 100% Ramah Lingkungan pada 2050 

RO | Otomotif
Michelin Janjikan Ban 100% Ramah Lingkungan pada 2050 

Michelin
Michelin Vision

 

PRODUSEN ban Michelin mengumumkan bahwa pada 2050 nanti pihaknya akan membuat ban yang 100% dari bahan yang dapat diperbarui, didaur ulang, diperolah dari baku alami (bio-sourced), atau bahan-bahan yang berkelanjutan.

Inspirasi membuat ban yang sustainable pertama kali dikenalkan pada 2017 melalui konsep VISION, yaitu solusi ban tanpa udara, saling terhubung, dapat diisi ulang, dan sepenuhnya dapat diproduksi secara berkelanjutan.

Presiden Direktur Michelin Indonesia Steven Vette mengatakan pengumuman tersebut mewakili komitmen perusahaan terhadap upaya memproduksi ban berdasar prinsip keberlanjutan.

"Sebagai sebuah perusahaan, kami memikirkan masa depan mobilitas yang berkelanjutan dan beroperasi sejalan dengan nilai-nilai inovasi dan tanggung jawab lingkungan kami," ujar Vette beberapa waktu lalu.

Sampai saat ini, hampir 30%* komponen yang digunakan dalam pembuatan ban yang diproduksi oleh Grup Michelin sudah dibuat dari bahan baku alami, daur ulang, atau bahan berkelanjutan.

Ban Michelin dibuat dengan menggunakan lebih dari 200 komponen. Meskipun bahan utamanya adalah karet alam, namun terdapat banyak bahan lainnya, seperti karet sintetis, logam, serat, dan komponen yang memperkuat struktur ban, seperti karbon hitam, silika, dan peliat (resin). 

Keunggulan Michelin dalam hal teknologi bahan baku dihasilkan oleh kapabilitas R&D, yang didukung oleh 6.000 karyawan di tujuh pusat R&D di seluruh dunia di 350 bidang keahlian yang berbeda. Komitmen para insinyur, peneliti, ahli kimia, dan pengembang ini menghasilkan 10.000 hak paten yang mencakup desain dan cara produksi ban. 

Kerja keras tim R&D tersebut menghasilkan cara guna meningkatkan keamanan ban, daya tahan, performa kendaraan, dan fitur unggul lainnya, sekaligus membantu membuat ban yang 100% berkelanjutan pada 2050. (S4)

Baca Juga

MMKSI

MMKSI Lanjutkan Mitsubishi CSR Education Program

👤RO 🕔Rabu 14 April 2021, 02:56 WIB
Tahun ini, MMKSI mendonasikan lima unit Mitsubishi Xpander kepada lima Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di...
NMAA

Tantangan Modz Battle IMX 2021 Kian Seru

👤RO 🕔Rabu 14 April 2021, 02:39 WIB
Program ini diinisiasi oleh National Modification & Aftermarket Association (NMAA) sebagai rangkaian kegiatan pendukung Road to...
HPM

New Honda HR-V untuk Juara Indonesia's Next Top Model 2020

👤RO 🕔Rabu 14 April 2021, 01:53 WIB
Ilene juga berhasil meraih foto terbaik saat  pemotretan dengan aksi Matador menggunakan mobil New Honda...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya