Kamis 10 November 2022, 15:22 WIB

Kapolri Resmi Teken Perpol Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga

Tri Subarkah | Olahraga
Kapolri Resmi Teken Perpol Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga

ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Sejumlah polisi melintas di pinggir lapangan Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

 

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menandatangani Peraturan Kepolisian (Perpol) tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga. Perpol yang dinomori 10 Tahun 2022 itu ditetapkan Kapolri pada 28 Oktober 2022 dan diundangkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly di Jakarta pada 4 November 2022.

Berdasarkan dokumen yang diperoleh Media Indonesia, Perpol tersebut terdiri dari 35 Pasal. Beleid itu mengatur tiga tahapan kegiatan pengamanan penyelenggaraan kompetisi olahraga, yakni tahap prakegiatan, tahap pelaksanaan kegiatan, dan tahap pascakegiatan.

Perpol Nomor 10 Tahun 2022 membagi jenis gangguan dalam kompetisi olahraga ke dalam tiga, yaitu potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata. Setidaknya, ada delapan indikator yang dimaksud sebagai potensi gangguan berdasarkan Perpol tersebut.

Kedelapan indikator itu adalah fanatisme suporter, riwayat tim yang bertanding, over kapasitas venue, sistem penjualan tiket, kompetisi kandang atau tandang, tahapan kompetisi, kekalahan dari klub/tim tuan rumah, serta pintu masuk dan keluar prasarana olahraga.

Baca juga: Syarat Kompetisi Dilanjutkan: Tuntaskan Tragedi Kanjuruhan

Sementara indikator ambang gangguan meliputi membawa senjata api dan senjata tajam, membawa bahan berbahaya (meliputi flare, ketapel, stun gun, petasan, molotov, korek api, vape, dan smoking bomb), membawa laser pointer, membawa botol minuman, dan melakukan tindakan provokatif seperti menghasut.

Adapun yang termasuk indikator gangguan nyata adalah perkelahian massal, pembakaran, perusakan, pengancaman, penganiayaan, penghilangan nyawa orang, penyanderaan, penculikan, pengroyokan, sabotase, penjarahan, perampasan, pencurian, dan terorisme.

Meski secara umum mengatur pengamanan penyelenggaraan kompetisi olahraga, Perpol tersebut menyematkan beberapa Pasal khusus terkait pengamanan kompetisi sepak bola. Salah satunya adalah kewajiban pemberitahuan rencana penyelenggaraan kompetisi sepak bola yang disampaikan paling lambat 60 hari kalender. (OL-4)

Baca Juga

Dok. Pertamina

Pertamina Eco-RunFest 2022, 8.300 Ecochamps Sebarkan Energi Sehat demi Sustainable Living

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 13:52 WIB
"Saya sangat senang dengan animo peserta Pertamina Eco-RunFest yang sangat tinggi pada tahun ini. Saya memberikan apresiasi untuk...
MI/Widjajadi

Pesan Ganjar Pranowo untuk Para Santri Saat Penutupan Pospenas ke-9 di Solo

👤Widjajadi 🕔Minggu 27 November 2022, 13:25 WIB
Pesan Ganjar, kontingen atlet yang menjadi juara agar menghormati kontingen yang belum juara. Sedang kontingen yang belum juara diharapkan...
Dok Mansion Sport

Mansion Sports Mengakuisisi Box Sports Center

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 22:29 WIB
Mansion Sports Entertainment Group (MSEG) secara resmi mengakuisisi Box Sports Center, sebuah pusat olahraga lengkap yang berada di di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya