Rabu 05 Oktober 2022, 14:34 WIB

Rio Waida tak Sabar Berlaga di WSL Championship Tour 2023

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Rio Waida tak Sabar Berlaga di WSL Championship Tour 2023

AFP
Atlet selancar Indonesia, Rio Waida, saat mengikuti kompetisi.

 

SEJARAH dicatatkan peselancar Indonesia Rio Waida. Atlet berusia 22 tahun itu berhasil menjadi peselancar Indonesia pertama yang tampil di World Surfing League (WSL) Championship Tour atau Liga Selancar Dunia 2023.

Kepastian itu diraih Rio usai melaju ke babak 24 besar EDP Vissla Pro Ericeira di Portugal pada Selasa (4/10) kemarin. Rio, yang sekarang menjadi pemuncak klasemen Challenger Series, dengan raihan poin hingga saat ini, dipastikan tidak akan keluar dari 10 besar sampai akhir musim ini berakhir.

"Saya sangat senang. Tidak pernah ada orang Indonesia yang lolos kualifikasi Championship Tour. Saya membuat sejarah, namun tidak tahu harus berkata apa. Saya sangat senang," ucap Rio dalam wawancaranya bersama WSL, Rabu (5/10).

Baca juga: Peselancar Rio Waida Pimpin Klasemen Challenger Series WSL

Adapun kesuksesan Rio mencapai WSL Championship Tour 2023 menandakan atlet berdarah Indonesia-Jepang itu akan bersaing di kompetisi divisi atas. Kompetisi tersebut menjadi tempat top 34 atlet selancar ombak dunia berkompetisi.

Rio dijadwalkan memulai kompetisi bersama sejumlah atlet top dunia. Seperti, Filipe Toledo (Brasil), peraih medali emas Olimpiade Italo Ferreira, hingga atlet Jepang Kanoa Igarashi. Rio pun bersemangat untuk memulai perjalanannya di kompetisi divisi atas.

Baca juga: PSSI: Sebagian Pintu Stadion Kanjuruhan Terlambat Dibuka

"Saya tidak sabar menjadi wakil Indonesia di Championship Tour," imbuhnya.

Lebih lanjut, Rio menyatakan  bahwa berkompetisi di WSL Championship Tour merupakan impiannya. Dia pun akan mempersiapkan diri dengan baik untuk perjalanan baru tersebut.

"Saya memimpikan ini setiap hari, ketika saya bangun saya memikirkan ini. Sbelum tidur, saya memikirkan ini. Sekarang saya dinyatakan memenuhi syarat, saya akan mempersiapkan diri untuk Championship Tour," tutup Rio.(WSL/OL-11)

Baca Juga

Ist

Atlet Kayak Mancanegara dan Nasional Ramaikan Toba Caldera IAF 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 00:42 WIB
Kegiatan ini bukan sekadar perlombaan kayak biasa namun sebuah gerakan responsible tourism yang mengedepankan pengembangan masyarakat lokal...
Antara

Apriyani/Fadia Bertekad Tampil Maksimal di World Tour Finals

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:27 WIB
Sepekan jelang pertandingan BWF World Tour Finals, Apriyani Rahayu/Siti Fadia mengaku belum memikirkan persaingan di ganda...
Antara

Pegolf Tanah Air Ingin Enjoy di Indonesian Masters

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 01 Desember 2022, 20:20 WIB
Meski tak mematok target spesifik, sejumlah wakil Indonesia bertekad bisa mencatatkan hasil terbaik pada turnamen yang juga diikuti pegolf...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya