Selasa 02 Agustus 2022, 20:33 WIB

Tita Gemilang, Tim Para Catur Dulang 3 Emas di Hari Pertama

Widjajadi | Olahraga
Tita Gemilang, Tim Para Catur Dulang 3 Emas di Hari Pertama

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Anggota tim para catur Indonesia Tita Puspita tampil cemerlang pada hari pertama cabor para catur APG XI 2022 di Lorin Solo, Selasa (2/8).

 

CABANG olahraga para catur Indonesia juga menorehkan sukses dengan menyumbang tiga medali emas di ajang ASEAN Para Games (APG) XI 2022 di venue Lorin Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/8).

Tita Puspita membuka perjuangan tim para catur Indonesia di permainan standard chess B1. "Ini berkat ayah yang memperkenalkan permainan catur kepada saya. Dan terima kasih doa rakyat Indonesia membuat saya berhasil medali emas," tukas Tita kepada wartawan usai upacara penghormatan pemenang (UPP).

Sebagai pendatang baru di level Asia Tenggara, Tita sukses membuat kejutan. Perempuan kelahiran 27 Januari 1977 ini langsung menyapu bersih standard chess B1.

Dia mengatakan bahwa APG 2022 merupakan ajang internasional kedua yang diikuti setelah APG 2018, yang mana dirinya bertarung di kelas B2/3

Kala itu, Tita meraih medali perunggu pada team rapid B2/3 bersama Khairunnisa dan Aisah Wijayanti Putri Brahmana. Ketika mengikuti APG, Tita masuk klasifikasi B1.

Untuk kelas individual standard chess B1, Tita memenangi enam pertandingan. Catatan itu tak bisa dikejar wakil Vietnam, Pham Thi Huong, yang mencatatkan lima kemenangan.

Catatan Tita dilengkapi hasil apik dua rekannya Wilma Margaretha Sinaga dengan empat kemenangan dan Yustina Halawa dengan tiga kemenangan, yang membuat emas team standard chess B1 ikut terkunci.

Hasil emas itu diakui bukan kerja keras sendiri, tetapi berkat bantuan dari teman-teman. "Karena kita turut mengutamakan beregu.  Alhamdulillah akhirnya kita dapat emas perorangan, dan juga beregu," imbuh Tita dengan wajah berbinar.


Baca juga: Tim Blind Judo Indonesia Penuhi Target Emas di Hari Pertama


Secara gamblang, ia menuturkan bagaimana dirinya mengenal olahraga catur. Sang ayah disebutnya sebagai sosok paling berjasa yang menjadi pijakan awal menekuni olahraga ini pada 2010 silam.

Pelatihan yang diberikan ayahnya membuat perempuan kelahiran 1977 itu menjelma sebagai salah satu kekuatan baru Indonesia. Raihan emas ini menjadi pembuka manis pada keikutsertaan di ajang APG.

"Saya bisa bermain catur dari almarhum ayah. Jadi, ayah saya yang paling berjasa, selain tentu para pelatih, teman-teman, keluarga, dan NPC Indonesia," kata Tita.

Sebelum melakoni kelas individual standard chess B1 ini, Tita sedikit merasakan beban. Dengan target Indonesia meraih juara umum APG, cabor para catur diharapkan bisa menjadi salah satu penyumbang medali emas.

Namun, ada pula keuntungan yang bisa ia rasakan setelah bertanding di negara sendiri. Tita yang menduduki peringkat 11 pada kejuaraan di Prancis, bulan lalu, bisa bertanding dengan tenaga penuh.

Saat single event, uji coba ke Prancis, membuat Tita makin punya pengalaman lengkap. Ia berharap bisa menyabet emas lagi lewat kategori rapid chess dan blitz chess.

Dua kategori ini juga akan digelar dalam enam babak. Rapid chess digelar pada 3-4 Agustus 2022, serta blitz chess pada 5 Agustus 2022.

Pelatih kepala para catur Indonesia Tedy Wiharto sangat yakin dengan perolehan awal 3 emas itu. Ia pun optimistis target 12 emas di APG XI akan dapat dicapai. "Dengan tiap hari empat, saya yakin 12 tercapai," kata dia kepada Media Indonesia. (OL-16)

 

Baca Juga

AFP

Quartararo Waspadai Bagnaia di GP Austria

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 14:56 WIB
Fabio Quartararo saat ini masih memimpin klasemen pembalap MotoGP dengan 180 poin. Pembalap Yamaha itu dibuntuti Francesco Bagnaia dengan...
 JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP

Marquez Optimistis Bisa Segera Kembali Membalap

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 14:40 WIB
Marquez kini sudah hadir kembali ke paddock Repsol Honda di GP Austria. Di sudah absen balapan sejak GP Italia di Sirkuit Mugello pada Mei...
AFP

Medvedev Melaju di Cincinnati Masters, Iga Swiatek Tersisih

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 13:35 WIB
Daniil Medvedev menghentikan perlawanan Shapovalov dalam laga berdurasi satu jam 46...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya