Kamis 27 Januari 2022, 18:24 WIB

Melaju ke Final Australia Terbuka, Barty Cetak Sejarah

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Melaju ke Final Australia Terbuka, Barty Cetak Sejarah

AFP/Aaron Francis.
Ashleigh Barty dari Australia melakukan pukulan balik melawan Madison Keys dari AS selama pertandingan semifinal tunggal putri.

 

PETENIS putri nomor satu dunia Ashleigh Barty berhasil menjadi petenis putri Australia pertama yang melangkah menuju babak final Australia Terbuka dalam 42 tahun terakhir. Barty sukses merebut kemenangan atas wakil Amerika Serikat Madison Keys, Kamis (27/1).

Tampil dominan sepanjang pertandingan yang berlangsung di Rod Laver Arena, Barty hanya membutuhkan waktu 62 menit untuk mengeklaim kemenangannya dengan skor akhir 6-1 dan 6-3. Orang Australia terakhir yang mencapai final di Melbourne Park ialah Wendy Turnbull yang menjadi runner-up setelah kalah dari Hana Mandlikova pada 1980. 

Barty kini semakin dekat dengan gelar Australia Terbuka pertamanya, jika berhasil dia akan menjadi wakil tuan rumah wanita pertama yang menjadi juara Australia Terbuka sejak Chris O'Neil pada 1978. "(Kemenangan) Ini sangat luar biasa. Saya mencintai turnamen ini dan saya senang dapat datang ke sini dan bermain di hadapan masyarakat Australia," ucap Barty usai pertandingan dikutip dalam laman resmi turnamen, Kamis (27/1).

"Saya senang dapat memainkan tenis terbaik saya di sini dan saya enjoy setiap pertandingan di sini. Sekarang saya memiliki kesempatan untuk bermain di final ini menjadi sebuah kebanggaan," jelasnya.

Baca juga: Medvedev dan Tsitsipas Siap Bersaing Rebut Tiket Final Australia Terbuka

Ini menjadi pencapaian tertinggi bagi Barty selama keikutsertaannya di Australia Terbuka, sebelumnya Barty selalu gagal mencapai babak final. Tahun lalu petenis berusia 25 tahun itu terhenti di babak perempat final, dia kalah atas petenis Republik Ceko Karolina Muchova. Atas hasil itu, di babak final Barty akan menghadapi pemenang antara Juara Prancis Terbuka 2020 Iga Swiatek atau petenis Amerika Serikat Danielle Collins. (AusOpen/OL-14)

Baca Juga

Antara/Zabur Karuru

Indonesia Sisakan 9 Wakil di Perempat Final Bulu Tangkis SEA Games Vietnam

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:04 WIB
Di nomor tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi satu-satunya wakil yang melangkah ke babak perempat final, setelah menumbangkan...
Antara

Lolos Perempat Final, Apri/Fadia akan Hadapi Jongkolphan/Rawinda

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 19:25 WIB
Sebelumnya, pasangan ganda putri Indonesia itu berhasil mengalahkan wakil tuan rumah, yakni Do Thi Hoai/Dinh Thi Puong Hong, dalam SEA...
dok.PB ISSI

Dua Faktor Balap Sepeda XCO Putra Raih Emas dan Perak di SEA Games Vietnam

👤Muhamad Fauzi 🕔Kamis 19 Mei 2022, 17:31 WIB
ADA dua faktor utama yang menjadi kunci sukses balap sepeda XCO putra Indonesia pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-31...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya