Kamis 20 Januari 2022, 23:20 WIB

Peningkatan Prestasi di Olimpiade Jadi Fokus Utama KOI 

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Peningkatan Prestasi di Olimpiade Jadi Fokus Utama KOI 

AFP/Noel Celis
Logo Olimpiade di Beijing, Tiongkok

 

KETUA Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari menegaskan, salah satu hal yang menjadi fokus utama KOI dalam rancangan program kerja tahun 2022 adalah kejuaraan multievent Olimpiade. 

Dijelaskan Okto, hal ini juga sebagai bentuk dukungan KOI terhadap implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang salah satu sasaran utamanya adalah Indonesia dapat meraih banyak medali di kejuaraan multievent terbesar di dunia itu. 

"Raker KOI bukan hanya fokus kepada event tetapi juga kepada Olympic movement. Kami memiliki program yang namanya Indonesia Olympic Champion Program. jadi program ini memang difokuskan kepada kita (Indonesia) agar kita memiliki atlet -atlet yang kualifikasinya lebih banyak dan fokus kepada medali," kata Okto usai Rapat Kerja KOI, Kamis (20/1) 

Dalam keikutsertaan Indonesia di Olimpiade, memang selama ini hanya bulu tangkis dan angkat besi yang rutin memberikan medali untuk Tanah Air. Atas dasar itu lah KOI ingin berfokus kepada Olimpiade dengan harapan semakin banyak cabang olahraga lain yang dapat menyumbangkan medali. 

Baca juga : Pemilik Saham Warriors Singgung Tiongkok, Manajemen Tim Kewalahan

"Mudah-mudahan dengan fokus kita saat ini ke Olimpiade, pada penyelenggaraan Olimpiade Paris 2024 makin banyak atlet kita yang qualified dan medali yang kita dapat lebih banyak," terangnya. 

Jika melihat capaian yang diraih Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 lalu, Indonesia sejatinya nyaris meraih posisi tertinggi dalam raihan medali di wilayah Asia Tenggara, dengan mengoleksi 1 emas, 1 perak, dan 3 Perunggu. Tapi sayang perbedaan 1 medali perak dari Filipina membuat Indonesia harus puas menjadi yang terbaik kedua di Asia Tenggara. 

Dengan Olimpiade Paris yang akan mempertandingkan cabang olahraga panjat tebing katagori speed, Okto menyatakan Indonesia berpeluang menambah satu lagi cabang olahraga andalan untuk merebut medali. 

"Olimpiade besok (Paris 2024) ada panjat tebing katagori Speed, kita punya juara dunia dari putra dan putri dan kita harus berfokus untuk meraih medali tambahan," tukasnya. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Nomor Perorangan Bisa Jadi Penebus Kegagalan Bulu Tangkis RI

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 18 Mei 2022, 20:12 WIB
Tim beregu putri Indonesia hanya bisa meraih medali perak seusai dikalahkan Thailand 0-3. Lalu, tim beregu putra kandas setelah kalah 2-3...
Antara

Atlet Sulteng Peraih Medali Emas Dapat Bonus Rumah

👤M. Taufan SP Bustan 🕔Rabu 18 Mei 2022, 17:48 WIB
Rio Rizky Darmawan, atlet asal Sulawesi Tengah, berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia dalam SEA Games Vietnam...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana

Banyak Kejutan dari Atlet Muda di SEA Games Vietnam

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 18 Mei 2022, 16:31 WIB
“Saya melihat banyak kejutan yang diciptakan atlet muda kita. Ini sekaligus membuktikan dominasi atlet muda di Tim Indonesia yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya