Selasa 11 Januari 2022, 17:33 WIB

PBSI Siap Turunkan Tim Terkuat Untuk SEA Games Vietnam

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
PBSI Siap Turunkan Tim Terkuat Untuk SEA Games Vietnam

Dok PBSI
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky

 

PENGURUS Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), menyatakan akan mengirimkan tim terkuat khususnya untuk nomor tunggal putri di SEA Games Vietnam yang dijadwalkan digelar pada bulan Mei mendatang. 

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky, mengatakan meski pesta olahraga Asia Tenggara itu bukan merupakan sasaran utama pada Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), namun PBSI tetap menganggap SEA Games sebagai kompetisi yang penting. 

Baca juga: Tersangkut Kasus Positif Covid-19 Palsu, Liverpool Terancam Sanksi

"Kami siap turun di seluruh nomor, dan kami juga sudah menyampaikan kekuatan kami kepada Komisi Sports Development, termasuk akan menurunkan tim terkuat di tunggal putri. Untuk tunggal putra masih negosiasi," kata Rionny dalam keterangan resmi Komite Olimpiade Indonesia, Selasa (11/1). 

"Meski Olimpiade tetap menjadi fokus utama, kami tidak pernah menganggap enteng kompetisi apapun dan berusaha untuk selalu menurunkan tim terbaik," ujarnya. 

Rionny tidak menjelaskan secara detail seperti apa komposisi pemain tungal putri yang akan dibawa tim bulu tangkis Indonesia ke Hanoi, Vietnam, dia hanya menyebutkan untuk saat ini baru entry by number belum by name. 

Jika merujuk pada peringkat dunia, PBSI diperkirakan masih mengandalkan sederet nama seperti Gregoria Mariska Tunjung yang menjadi tunggal putri unggulan pertama Indonesia dengan peringkat 26 dunia, Ruselli Hartawan di peringkat 45 dunia. Serta bintang baru Putri Kusuma Wardani. 

Sementara itu, untuk di nomor tunggal dan ganda putra, Rionny mengatakan Indonesia memiliki kekuatan yang merata baik itu pemain muda maupun pemain seniornya, jadi dia tidak khawatir siapapun yang akan turun nantinya di SEA Games Vietnam. 

"Untuk tunggal dan ganda putra kekuatan antar pemain sama, hanya berbeda di pengalaman. Jadi saya tidak khawatir. Para pemain muda ini bahkan diproyeksikan untuk Olimpiade (Paris 2024)," sebutnya. 

Berbicara terkait peta kekuatan lawan di SEA Games Vietnam, Rionny mengatakan Malaysa dan Thailand akan menjadi lawan yang harus diwaspadai Indonesia. 

"Malaysia dan Thailand akan menjadi lawan utama kita," tukasnya. (Rif/OL-6)

Baca Juga

AFP/GEORGE FREY

Tolak Pakai Masker, Stockton Dilarang Hadiri Laga Gonzaga

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 24 Januari 2022, 07:45 WIB
Universitas Gonzaga memutuskan mencabut tiket musiman Stockton setelah mereka memperingatkan pemain yang telah tampil di 10 laga Al-Star...
AFP/Stacy Revere/Getty Images

Lakukan Pelanggaran Keras, Allen Diskors NBA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 24 Januari 2022, 06:52 WIB
Caruso tengah melakukan layup setelah Bulls melakukan fast break saat kuarter ketiga menyisakan 5;45 ketika Allen menarik tangan Caruso dan...
AFP/William WES

Tekuk Anisimova, Barty ke Perempat Final Australia Terbuka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 24 Januari 2022, 06:17 WIB
Barty tengah berusaha menjadi petenis tuan rumah ertama yang menjadi juara Australia Terbuka sejak Chris O'Neil pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya