Sabtu 16 Oktober 2021, 20:40 WIB

Bawa Pulang 15 Emas, Atlet Nusa Tenggara Barat Disambut Meriah

Yusuf Riaman | Olahraga
Bawa Pulang 15 Emas, Atlet Nusa Tenggara Barat Disambut Meriah

ANTARA/Aditya Pradana Putra
Pelompat jauh Nusa Tenggara Barat (NTB) Rohani bertanding dalam babak final lompat jauh putri cabang atletik PON Papua

 


DARI arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, atlet asal Nusa Tenggara Barat, meraih 15 emas, 11 perak dan 12 perunggu. Mereka berada di peringkat 9.

Mereka direncanakan akan tiba di Bandara Internasional Lombok, Minggu (17/10).

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi NTB, Lalu Gita Aryadi menyatakan kontingen NTB direncanakan akan diarak keliling kota dari Bandara Internasional Lombok menuju Kota Mataram.

Dia mengatakan, rute konvoi dan arak-arakan dari bandara putar masuk kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah, terus menuju Puyung, Ubung,  Kediri, Sweta, Cakra, Mataram dan finish di lapangan Sangkareang Mataram.

Di Lapangan Sangkareang, kontingen disambut dengan iringan musik tradisional gendang beleq, drum band, dan aneka tetabuhan lainnya. Setelah itu, mereka menuju Kantor Gubernur NTB.

Komunitas masyarakat Papua di Mataram direncanakan ikut menyambut pahlawan yang sudah mengharumkan nama daerah ini. "Khusus peraih medali emas direncanakan akan diusung dengan jaran kamput," kata Gita.

Dia menambahkan peringkat sembilan adalah capaian yang paripurna. Jauh melebihi hasil pada PON-PON sebelumnya.

Di Kantor Gubernur, rombongan akan disambut oleh Gubernur Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Hj Sitti Rohmi Djalilah bersama Forkopimda, bupati serta wali kota, dan tamu undangan lainnya. Untuk mereka sudah disiapkan acara ramah tamah, santap siang, dan pembubaran kontingen.

Untuk acara syukuran, dan pemberian bonus direncanakan pada saat syukuran peringatan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober atau  seminggu setelah kedatangan.

Kepulangan rombongan atlet asal NTB terbagi dalam dua kloter, rombongan pertama sebanyak 122 atlet dan ofisial tiba di bandara Minggu sekitar pukul 09.15 Wita, dan sebanyak 35 orang tiba pukul 12.00 Wita.

Rombongan akan menjalani protokol kesehatan berupa sweb antigen. Bila hasilnya negatif dapat pulang untuk melakukan karantina mandiri, sedangkan jika hasilnya positif, akan dikarantina di tempat yang sudah disiapkan. Setelah itu, lima hari berikutnya dilakukan RT-PCR.

Gita menjelaskan, selesai acara para bupati dan wali kota membawa pulang atletnya dengan kendaraan dari daerah masing-masing. Tidak ada atlet yang akan pulang dengan angkutan umum. Dinas perhubungan sudah menyiapkan bus Damri untuk mengantar mereka ke daerah masing-masing, sampai ke kantor bupati atau wali kota. (N-2)

Baca Juga

Carmen Mandato/Getty Images/AFP

Brooklyn Nets Jadi Korban Ketujuh Kebangkitan Rockets

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 09 Desember 2021, 17:01 WIB
Brooklyn Nets menjadi korban lain dari kebangkitan Houston Rockets, dalam laga lanjutan NBA 2021/2022, di Toyota Center, Huston, Texas,...
Thomas SAMSON / AFP

Pembalap Sepeda Mark Cavendish Jadi Korban Perampokan Rumah

👤 Ilham Ananditya 🕔Kamis 09 Desember 2021, 15:16 WIB
Kejadian itu berlangsung ada empat orang penjahat yang mencoba menerobos masuk kediaman...
Mike Ehrmann/Getty Images/AFP

Tiger Woods akan Berkompetisi dengan Anaknya di PNC Championship

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 09 Desember 2021, 15:09 WIB
Pegolf Tiger Woods akan kembali ke turnamen golf bersama putranya Charlie Axel Woods dalam ajang PNC Championship yang digelar di Florida,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya