Selasa 14 September 2021, 19:43 WIB

Amankan Pasokan Listrik PON Papua, PLN Kucurkan Rp313 Miliar 

Insi Nantika Jelita | Olahraga
Amankan Pasokan Listrik PON Papua, PLN Kucurkan Rp313 Miliar 

Antara
Pekerja melakukan perawatan rumput jelang pelaksanaan PON Papua XX di Stadion Katalpal.

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menggelontorkan anggaran Rp313 miliar untuk mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, yang digelar pada 2-15 Oktober mendatang.

Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PLN Syofvi Roekman menjelaskan bahwa sebagian besar dana dialokasikan untuk membangun infrastruktur kelistrikan di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika. 

"Dari awal PLN berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan PON di Papua," ujar Syofvie dalam keterangan resmi, Selasa (14/9).

Baca juga: Amankan PON XX Papua, Ribuan Personel Gabungan TNI-Polri Dikerahkan

Pihaknya menjamin keandalan pasokan listrik di seluruh venue dan fasilitas pendukung pesta olahraga yang digelar setiap empat tahun sekali. Dari total daya mampu listrik 228,2 megawatt (MW), diproyeksikan beban puncak saat penyelenggaraan PON mencapai 153,5 MW. Sehingga, ada cadangan daya sekitar 74,7 MW.

Guna mengamankan kelistrikan pada PON XX Papua, PLN juga menyiapkan 129 unit mobile genset kapasitas 100 kW, 200 kW, 500 kW, hingga 1000 kW. Selain itu, PLN juga menyiapkan 55 Unit Gardu Berjalan (UGB), 45 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) Mobile, 7 unit Unit Kabel Bergerak (UKB) dan 4 Unit Kabel dan Kubikel Bergerak (UKKB).

Baca juga: Jelang PON XX 2021, Papua Kejar Vaksinasi 70% Dosis Pertama

Selama periode siaga, yakni pada 18 September-15 Oktober, PLN akan menyiapkan 1.574 personel di 45 lokasi pertandingan dan 230 lokasi strategis lain. Seperti, kantor VIP, penginapan, rumah sakit dan command center.

Di samping suplai pembangkit, perseroan melakukan beberapa pembangunan dan perguatan kelistrikan. Misalnya, pembangunan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM), Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM), Jaringan Tegangan Rendah (JTR), Gardu Hubung dan Gardu Distribusi.

Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda menyambut baik andil PLN untuk memastikan pasokan dan keandalan listrik pada perhelatan PON XX Papua. "Sejak lama PLN selaku mendukung pelaksanaan PON di Papua, terutama kebutuhan listrik di penginapan dan semua tempat pendukung," tutur Yunus.(OL-11)

Baca Juga

Twitter @INABadminton

Ganda Campuran Jadi Penentu Kemenangan Indonesia Atas Kanada di Piala Sudirman

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 28 September 2021, 04:14 WIB
Rinov/Pitha membuat pasangan BR Sankeerth/Crystal Lai takluk dalam dua gim dengan skor 21-14 dan...
Antara

PB Esport Indonesia Berencana Gelar Liga Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 September 2021, 00:05 WIB
Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI) berencana untuk menggelar liga esport nasional sebagai salah satu upaya pengembangan bakat atlet...
Dok. Honda Racing Indonesia

Alvin Bahar Pertahankan Pimpinan Klasemen Kejurnas ISSOM 2021  Usai Seri 3

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 27 September 2021, 20:55 WIB
Saat menjalani kualifikasi, Alvin meraih super pole sehingga itu jadi kekuatan tersendiri baginya. Saat balapan, ia meraih posisi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Porsi Terbesar Operasi untuk Edukasi

Protokol kesehatan pun menjadi fokus Operasi Patuh Jaya 2021

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya