Senin 13 September 2021, 18:39 WIB

Pemprov Papua Siapkan Bonus Rp1 Miliar untuk Peraih Medali Emas PON

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Pemprov Papua Siapkan Bonus Rp1 Miliar untuk Peraih Medali Emas PON

ANTARA
Ilustrasi PON XX Papua.

GUBERNUR Papua Lukas Enembe menyatakan pihaknya telah menyiapkan penghargaan berupa bonus, untuk atlet-atlet Papua yang berhasil meraih medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. 

Disebutkan oleh Lukas, Pemerintah Provinsi Papua akan memberikan bonus sebesar Rp1 milliar kepada atlet peraih emas perorangan, Rp500 juta untuk medali perak perorangan, dan Rp250 juta untuk medali perunggu perorangan. 

Baca juga: PON XX Papua, Ajang Perubahan Paradigma Olahraga

Sedangkan untuk peraih medali emas beregu Pemprov Papua akan memberikan bonus sebesar Rp650 juta per atlet, medali perak Rp325 juta per atlet, medali perunggu Rp162,5 juta per atlet. Sementara untuk atlet yang tidak mendapat medali akan mendapat bonus sebesar Rp10 juta. 

“Saya menyadari bahwa setiap keringat yang kalian (atlet) kucurkan adalah untuk kebanggan Papua. Oleh karena itu sudah kewajiban saya sebagai Gubernur Papua untuk mengapresiasi setiap perjuangan atlet,” kata Lukas Enembe dikutip dari laman resmi PON Papua, Senin (13/9). 

Lukas berharap pada penyelenggaraan PON ke-20 di Bumi Cenderawasih akan melahirkan bintang olahraga Papua baru, dan akan memiliki karir yang cemerlang seperti Boaz Solossa, Liza Rumbewas Alm Carol Renwarin. 

“Saya percaya PON di Papua akan lahir mutiara-mutiara baru Papua yang akan mengharumkan Indonesia di kanca dunia,” tegasnya. 

Berbicara terkait target, Lukas Enembe menyatakan, target Papua di PON tahun ini adalah dapat masuk lima besar klasemen perolehan medali, dan dia meyakini itu bukanlah hal yang sulit. Menyusul persiapan yang telah dilakukan sejak tahun 2018 lalu. 

“Saya percaya dengan persiapan yang sudah dilakukan dengan matang selama ini oleh atlet. Dengan dukungan seluruh masyarakat Papua secara langsung akan membakar gelora juang kalian semua dalam bertanding, percayalah, Torang Bisa,” tuturnya. 

Sementara itu, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya menyatakan, atlet Papua sudah melakukan persiapan untuk mengikuti multi event empat tahunan tersebut selama 38 bulan. 

Kontingen Papua untuk PON XX akan menurunkan kekuatan 945 orang atlet terdiri dari 541 Putra dan 404 Putri, dengan jumlah Pelatih dan Asisten Pelatih 234 orang, Official masing-masing Cabor 133 orang, Jumlah Official pengurus Kontingen sebanyak 215 orang. 

“Target Papua 84 medali emas, mengikuti semua nomor yang dipertandingan pada PON XX 2021,” tegas Kenius Kogoya. (PONXXPapua/OL-6)

Baca Juga

dok.pribadi

Jenguk Verawaty Fajrin, Erick Thohir Teringat Masa Lalu

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 22 September 2021, 20:55 WIB
MENTERI BUMN, Erick Thohir, memberi dukungan langsung kepada mantan atlet nasional, Verawaty Fajrin, yang tengah sakit di RS Dharmais,...
Ilustrasi

3 Petenis Terbaik Dunia Lolos Kualifikasi WTA Finals

👤Ilham Ananditya 🕔Rabu 22 September 2021, 18:18 WIB
Dalam laman resminya, Asosiasi Tenis Wanita (WTA) mengumumkan tiga petenis tersebut berhasil mengamankan diri menuju gelaran WTA Finals...
Dok/KONI DKI

KONI DKI Targetkan Cabor Binaraga Raih Medali Emas di PON XX Papua

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 22 September 2021, 14:14 WIB
Kontingen DKI Jakarta akan menurunkan dua atlet andalan mereka yakni Slamet Junaidi kelas 60kg dan Sahri kelas...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sarjana di Tengah Era Disrupsi

Toga kesarjanaan sebagai simbol bahwa seseorang memiliki gelar akademik yang tinggi akan menjadi sia-sia jika tidak bermanfaat bagi diri dan orang banyak di era yang cepat berubah ini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya