Senin 10 Mei 2021, 00:17 WIB

Merlier Jadi yang Tercepat di Adu Sprint Etape 2 Giro d'Italia

Ghani Nurcahyadi | Olahraga
Merlier Jadi yang Tercepat di Adu Sprint Etape 2 Giro d

AFp/Luca Bettini
Tim Merlier merayakan kemenangannya di etape kedua Giro d'italia

PEMBALAP  tim Alpecin-Fenix, Tim Merlier sukses menjadi yang tercepat pada etape kedua balapan grand tour, Giro d'Italia, Minggu (9/5). Roda depan pembalap asal Belgia itu menyentuk finish pertama di balapan sepanjang 179 km dari Turin ke Novara dengan catatan waktu 4 jam 21 menit 9 detik.

Saat melewati garis ffinis, Merlier merayakan kemenangan dengan membentuk huruf W pada kedua tangannya, sebagai tanda penghormatan kepada pembalap Belgia lainnya, Wouter Weylandt yang meninggal akibat kecelakaan di Giro d'Italia 10 tahun silam.

Etape kedua yang rutenya cenderung datar dimanfaatkan pembalap, terutama para sprinter untuk menyimpan tenaga hingga jelang finis. 'Serangan" atau breakaway baru terjadi pada 25 km terakhir, namun tidak ada tim yang secara signifikan memimpin balapan.

Para sprinter, seperti Giacomo Nizzolo, Elia Viviani, Dylan Groenewegen, dan Peter Sagan, serta pemegang maglio rosa (jersey pink), Filippo Ganna pun baru mengayuh sekuat tenaga di satu kilometer terakhir jelang finis.

Momen Merlier baru terjadi saat rute sedikit berbelok ke kanan dan ia berhasil menghindar dari tabrakan sesama pembalap. Dari situ, ia sukses melakukan sprint untuk menjadi yang tercepat. Namun, berdasarkan catatan perlombaan, ia masuk finis bersama dengan rombongan besar pembalap, sehingga catatan waktunya sama dengan pembalap di grup terdepan.

Baca juga : Koreztky Juarai Seri Pembuka Piala Dunia Sepeda Gunung di Albstadt

"Saya sangat senang dan bangga bisa merebut podium di balapan grand tour. Saya tahu ada persimpangan di rute jelang finis yang jadi salah satu momen penting balapan dan saya berada di posisi terbaik saat itu. Sebelumnya saya tertinggal cukup jauh dengan pembalap terdepan. Ini adalah kemenangan besarm," kata Merlier.

Ganna yang sukses finis bersama peloton besar, mempertahankan kaus pink (maglio rosa) sebagai pemimpin klasemen umum pembalap. Ia kini mencatatkan waktu total 4 jam 29 menit 53 detik. 

"Balapan yang sangat seri hari ini dan banyak orang yang berteriak mendukung saya," kata Ganna yang menambahkan etape berikutnya akan semakin sulit karena rute yang didominasi tanjakan.

Etape ketiga Giro d'Italia, Senin (10/5) akan menempuh jarak 190 km dari Biella ke Canale. (Cyclingnews/OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

PB Perbakin Targetkan Vidya Rafika Capai Babak Final Olimpiade Tokyo

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 16 Juni 2021, 09:23 WIB
Target final sudah sesuai dengan perhitungan setelah melihat skor yang dicatatkan Vidya Rafika dalam sesi latihan yang mana kerap menyamai...
AFP/Meg Oliphant/Getty Images

Fury Berjanji Pukul KO Wilder

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 16 Juni 2021, 07:20 WIB
Fury, yang merupakan juara tinju kelas berat dunia vesri WBO, berhadapan dengan Wilder dalam konferensi pers di Los Angeles, Selasa...
MI/Widjajadi

NPC Gelar Rakernas Di Solo Jelang Peparnas XVI Papua

👤Widjajadi 🕔Rabu 16 Juni 2021, 07:05 WIB
PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Papua bersama Panitia Besar (PB) Perpanas pastikan kesiapan Jayapura menyambut gelaran Pekan Paralimpic...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Orang Rimba masih Berjuang untuk Diakui

MATA Mariau tampak berkaca-kaca kala menceritakan perihnya derita kehidupan anggota kelompoknya yang biasa disebut orang rimba.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya