Minggu 09 Mei 2021, 23:44 WIB

Koreztky Juarai Seri Pembuka Piala Dunia Sepeda Gunung di Albstadt

Ghani Nurcahyadi | Olahraga
Koreztky Juarai Seri Pembuka Piala Dunia Sepeda Gunung di Albstadt

AFP/Toshifumi Kitamura
Pembalap sepeda Victor Koretzky

PEMBALAP sepeda asal Prancis, Victor Koreztky sukses menjadi yang tercepat pada seri pembuka Piala Dunia Balap Sepeda disiplin sepeda gunung cross country (XC) di Albstadt, Jerman, Minggu (8/5). Pembalap 26 tahun yang membela tim KMC-Orbea itu menjadi yang tercepat di kelas Men's Elite dengan catatan waktu 1 jam 20 meni 23 detik.

Koretzky unggul 2 detik dari juara Eropa, Nino Schurter (Swiss) yang merebut podium kedua. Pelengkap podium balapan di trek sepanjang 4,2 km itu juga direbut pembalap Swiss lainnya, Mathias Flueckiger.

Albstadt dikenal sebagai salah satu rute piala dunia XC terberat dengan 2 tanjakan panjang di tiap lap-nya. Tahun ini, Piala Dunia di Albstadt juga menjadi kualifikasi terakhir untuk merebut tiket disiplin balap sepeda XC di Olimpiade Tokyo Juni mendatang.

Balapan di Piala Dunia Albstadt berlangsung sesuai prediksi dengan pembalap terdepan langsung melakukan serangan saat balapan dimulai. Pemenang lintasan pendek, Jumat (7/5), Matthieu Van Der Poel pun langsung mengayuh pedalnya dengan kuat di awal lomba, beradu dengan Henrique Avancin dari Cannondale Victory.

Sayangnya, strategi keduanya justru menghabiskan banyak tenaga dan mulai tertinggal dari grup pembalap terdepan yang dipimpin oleh Schurter dan Koretzky yang menunjukkan kelihaiannya melahap rute tanjakan dan berhasil memisahkan diri dari grup utama.

Baca juga : Filippo Ganna Kembali Juarai Etape Perdana Giro d'Italia

Adu kecepatan di jalan aspal jelang finish menjadi momentum Koretzky untuk mengungguli Schurter. Ia pun berhasil memenangkan lomba dan meraih kaus (jersey) pimpinan balapan Piala Dunia.

"Saat melakukan pemanasan, saya merasa belum dalam kondisi terbaik. Tapi setelah menjalani balapan2 lap, kondisi badan saya membaik. Saya mencoba untuk tidak mengambil banyak risiko dan fokus pada garis finish. Saya melakukan sprint seperti biasa dan hasinya luar biasa," kata Koretzky.

Di bagian putri, pembalap Prancis lainnya Loana Lecomte sukses menjadi yang tercepat dan mengungguli seniornya pemegang juara dunia, Pauline Frrand Prevot. 

"saya hampir tidak mempercayainya. Betul memang ini target saya, tapi saya sebelumnya tidak merasa bisa melakukannya. Balapan ini dan seri berikutnya minggu depan merupakan ajang yang penting,:" kata Lecomte.

Pekan depan, seri kedua PIala Dunia XC akan digelar di Nove Meto, Republik Ceko. (Cyclingnews/OL-7)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Kemenkominfo Antisipasi Lonjakan Data Jelang PON XX Papua

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 24 Juni 2021, 20:17 WIB
“Kami menyadari bahwa akan terjadi peningkatan trafik yang besar, sehingga nanti tentu pasti disiapkan dengan backup telekomunikasi...
Antara

Menpora Minta Persiapan Nonfisik PON Papua Juga Ditingkatkan

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 24 Juni 2021, 17:50 WIB
Seperti, komunikasi internal antara PB PON Papua dan Sub PB PON di empat klaster, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Timika...
JOSE JORDAN / AFP

Pembalap WSBK Gerloff Gantikan Morbidelli di MotoGP Belanda

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 24 Juni 2021, 15:52 WIB
Garrett Gerloff dikonfirmasi akan mengantikan pembalap Franco Morbidelli untuk melakoni balapan di MotoGP Balanda bersama tim Petronas...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya