Minggu 29 November 2020, 04:20 WIB

Ferrari Dukung Opsi Pembekuan

(Ant/R-3) | Olahraga
Ferrari Dukung Opsi Pembekuan

(Photo by Giuseppe CACACE / POOL / AFP)
Pembalap Monegasque Ferrari Charles Leclerc berkendara selama sesi kualifikasi pada malam Grand Prix Formula Satu Bahrain

FERRARI kini mendukung regulasi pembekuan pengembangan mesin Formula 1 (F1) mulai 2021 yang akan memungkinkan Red Bull menggunakan power unit Honda bahkan setelah pabrikan Jepang itu meninggalkan F1 pada akhir tahun depan.

Honda, yang saat ini menjadi pemasok power unit bagi Red Bull dan tim junior AlphaTauri, telah memutuskan bakal hengkang dari sirkus F1 pada akhir 2021 sehingga menyebabkan kedua tim harus mencari pasokan mesin baru.

Red Bull berencana untuk mengakuisisi properti intelektual dari power unit Honda untuk menggunakannya bagi kedua tim. Namun, mereka mengatakan hal itu akan layak secara finansial apabila pengembangan mesin dibekukan.

Ferrari sebelumnya menentang pembekuan mesin itu bahkan ketika Mercedes, yang telah memenangi kejuaraan dunia sejak peraturan mesin baru diberlakukan pada 2014, mendukung hal regulasi tersebut.

Namun, setelah mengadakan beberapa pertemuan dengan pemegang hak komersial F1 dan FIA, kepala tim Ferrari Mattia Binotto mengatakan pabrikan Italia itu telah mengubah pendiriannya setelah sepakat memajukan pengenalan power unit baru dari 2026 ke 2025.

"Di Ferrari, kami mengerti situasinya," kata Binotto yang bicara dari Maranello untuk sesi jumpa pers virtual GP Bahrain. "Kami mendukung upaya mengantisipasi satu musim, satu tahun, pembekuan mesin. Itu akan berarti juga mencoba mengantisipasi regulasi baru 2025 untuk power unit," sambung dia.

Binotto mengatakan bahwa F1 saat ini membahas upaya menerapkan mekanisme yang akan membantu para pabrikan yang memiliki performa mesin yang kurang untuk mengurangi ketertinggalannya sebelum pembekuan mesin diberlakukan.

Sementara itu, Renault telah menyatakan menentang pembekuan mesin tersebut. Sebagai pabrikan yang memasok paling sedikit tim, mereka bisa mendapat kewajiban memasok mesin ke Red Bull dan AlphaTauri. Pendirian terkini Renault soal pembekuan mesin belum menemui kejelasan. (Ant/R-3)

Baca Juga

AFP

16 Wakil RI Kembali Berjuang di Toyota Thailand Open

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 18 Januari 2021, 17:05 WIB
Kompetisi itu dijadwalkan pada 19-24 Januari di Impact Arena, Bangkok. Berdasarkan hasil drawing terbaru, perjuangan wakil Indonesia akan...
AFP

Yonex Thailand Open 2021, Rionny: Prestasi Indonesia Cukup Baik

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 18 Januari 2021, 16:59 WIB
Satu dari tiga turnamen Leg Asia 2021 yakni Yonex Thailand Open 2021 yang diadakan di Bangkok, Thailand telah usai. skuad Merah-Putih...
AFP

Kinerja Panitia Autralia Terbuka 2021 Dikeluhkan Djokovic

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 18 Januari 2021, 16:05 WIB
PETENIS peringkat satu dunia, Novak Djokovic, mengajukan permohonan kepada Direktur turnamen Australia Terbuka Craig Tiley, menyusul...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya