Senin 04 November 2019, 22:14 WIB

Kemenkes Beri Vaksin Polio Kontingen Indonesia di SEA Games 2019

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Kemenkes Beri Vaksin Polio Kontingen Indonesia di SEA Games 2019

MI/Ramdani
Ilustrasi pemberian vaksin

SELURUH personel kontingen Indonesia yang diberangkatkan ke SEA Games 2019 dipastikan akan mendapat vaksinasi polio dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang akan dimulai pada Jumat, 8 November.

Ketua Kontingen/Chef de Mission (CdM) SEA Games 2019 Harry Warganegara menjelaskan, mulai Jumat ini atlet dan ofisial cabor yang akan berangkat lebih dulu ke Filipina akan mendapatkan vaksinasi.

Hal itu dikarenakan efek dari penangkal virus itu baru bisa bekerja setelah dua minggu pascavaksinasi.

“Cabor yang berangkat duluan akan didahulukan. Setelah itu baru kita keliling cabor-cabor untuk memberikan vaksinasi ini," ujarnya.

Cabor pertama yang mendapat vaksin penangkal virus polio itu ialah sepak bola. Hal itu dilakukan lantaran skuat Timnas putra dan putri menjadi rombongan pertama yang berangkat ke Filipina pada 18 November mendatang.

Baca juga : Latihan Terpisah, Tim Senam Ingin Punya Tempat Pelatnas

Kemenkes sendiri bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (KemenporaL dalam memvaksinasi seluruh atlet dan ofisial dengan cara berkeliling ke cabor-cabor.

"Ini adalah program dari Kemenkes dan Kemenpora, kita dukung. Jadi tidak ada pengeluaran anggaran, karena dibantu Kemenkes," tutur Harry.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, mengatakan pihaknya akan melakukan vaksinasi sebagai upaya penting untuk memastikan keselamatan atlet dan ofisial Indonesia mengingat Filipina selaku tuan rumah tengah terkena wabah polio.

"Vaksinasi jadi tetap dilakukan. Kita harus menjaga aset kita, termasuk teman-teman media juga," ujar pria yang akrab disapa Okto itu di FX Sudirman, Senayan, Jakarta, Senin (4/11).

Ia juga mengimbau warga Indonesia yang akan ke Filipina untuk menyaksikan SEA Games, juga melakukan vaksinasi polio.

Wabah polio diketahui menyerang Filipina bagian selatan, sedangkan arena SEA Games 2019 berada di wilayah barat Filipina. Namun, demi keselamatan seluruh kontingen, vaksinasi polio tetap dilakukan. (OL-7)

Baca Juga

AFP

Pembalap Marc Marquez Cemaskan Kondisi Otot Lengannya

👤Akmal Fauzi 🕔Sabtu 17 April 2021, 13:06 WIB
PEMBALAP Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami penurunan performa di latihan bebas (FP) MotoGP Portugal 2021 yang digelar Jumat...
Valery HACHE / AFP

Unggulan Keenam Rublev Mampu Pecundangi Nadal di Monte Carlo

👤Antara 🕔Sabtu 17 April 2021, 05:35 WIB
Unggulan keenam itu menghentikan ambisi Nadal untuk mencetak gelar ke-12 pada ajang ATP Masters 1000 sekaligus mencapai semifinal...
Jason Koerner / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP

Eks Bintang Miami Heat Dwyane Wade Beli Saham Utah Jazz

👤Antara 🕔Sabtu 17 April 2021, 04:50 WIB
Wade terinspirasi dengan mantan-mantan pebasket terdahulu yang pernah membeli kepemilikan klub seperti Shaquille O'Neal di Sacramento...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya