Jumat 01 April 2022, 16:27 WIB

BenihBaik.com Luncurkan Program GenAktif, Kerja Sama Pemerintah Pusat dan Daerah

Mohamad Farhan Zhuhri | Megapolitan
BenihBaik.com Luncurkan Program GenAktif, Kerja Sama Pemerintah Pusat dan Daerah

Dok Benihbaik
Benihbaik meluncurkan program GenerasiSehat dan Keratif (GenAktif) dan bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah.

 

GENERASI Sehat dan Keratif (GenAktif) merupakan program yang diinisiasi oleh Benih baik.com sebagai bentuk edukasi remaja dalam meningkatkan kualitas dan potensi diri. Salah satu targetnya yakni dengan edukasi bahaya merokok pada anak.

Untuk tahap pertama, implementasi program tersebut akan dilaksanakan di tiga provinsi yakni DKI Jakarta, DI Yogyakarta dan Jawa Barat.

Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis mengatakan apresiasi dan kesiapan ibu-ibu PKK DKI Jakarta untuk menyukseskan program ini.

"Mewakili komunitas PKK DKI Jakarta, kami-melihat program GenAktif yang dinisiasi oleh BenihBaik.com sebagai program yang bermanfaat, bukan hanya bagi anak, namun juga orang tua. Kami mengajak para orang tua untuk turut menyukseskan program GenAktif di DKI Jakarta ini," ujarnya di acara Peluncuran program GenAktif, di gedung PKK Jakarta Selatan, Jumat (1/4).

Dalam kesempatan yang sama, Andy F Noya selaku pendiri Benihbaik.com mengatakan komitmen program ini salah satunya untuk mendukung program dalam menginspirasi, mengedukasi serta meningkatkan kualitas diri, salah satunya tanpa merokok.

"Komitmen BenihBaik.com untuk mendukung pemerintah dalam menginspirasi, mengedukasi, dan mengajak remaja untuk meningkatkan kualitas diri, dimulai dengan hidup seat dan kreatif, salah satunya dengan tidak merokok," jelasnya.

Targetnya, sekitar 1.200 siswa siswi SMP, SMA dan sederajat, 360 tenaga pendidik dan staf sekolah, serta 840 orang tua akan terlibat dalam program ini.

Adapun cakupan program diantaranya, kegiatan olahraga, edukasi gaya hidup sehat, kampanye media sosial #KamiGENAKTIF, serta peningkatan kapasitas tenaga pendidik dan keluarga melalui berbagai lokakarya edukasi.

Sekolah Menjadi Target Awal Program GenAktif BenihBaik.com. Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo mengatakan, guru dan tenaga pendidik sangat berpengaruh dalam hidup pembangunan karakter dan kompetensi remaja di Indonesia.

"Untuk itu kami mengimbau seluruh sekolah di DKl Jakarta untuk bersama-sama menjaga lingkungan kegiatan belajar mengajar agar bebas dari rokok lewat edukasi kepada seluruh perangkat sekolah dan anak didik kita," ujarnya.

Sementara, menurut Andy F Noya, sekolah merupakan salah satu organisasi yang paling rapih dalam menyelenggarakan program ini. Bukan hanya keluarga, sekolah juga bisa memberikan dampak yang sangat luas.

Selain itu, dirinya juga berharap kedepan dapat menjangkau anak-anak jalanan yang tidak berkesempatan sekolah dan mengenyam edukasi formal.

"Justru mereka ini (yang dijalan) yang merokoknya aktif, namun untuk saat ini emang targetnya adalah sekolah, tahap selanjutnya mudah mudahan bisa," ujar wartawan senior tersebut.

Baca juga: DKMG, Tokopedia dan Benih Baik Salurkan Donasi untuk Warga Prasejahtera

Lebih lanjut, program ini mendapatkan dukungan dari PT HM Sampoerna Tbk. Salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia ini justru menjadi pendukung utama dalam program Gen Aktif tersebut.

Dari dukungan tersebut, Andy menjelaskan saat menggagas program ini, ia dan tim benihbaik.com bekerjasama dengan pihak yang memilki tanggung jawab sosial terkait bahaya rokok.

"Saya kaget justru mereka siap tanggung jawab untuk program ini, waktu kami menggagas ini kami terpikirkan lalu 'siapa' yang paling bertanggung jawab, dan mereka juga harus berpartisipasi paling tidak di level anak anak sekolah harus diedukasi bahwa merokok itu berbahaya," ujar Andy.

Perwakilan manajemen PT HM Sampoerna Tbk., Arief Triastika, menyatakan dukungan pihaknya terhadap program GenAktif, yang salah satunya bertujuan untuk mencegah anak-anak di bawah usia 18 tahun merokok.

"Kegiatan ini sejalan dengan komitmen perusahaan yang secara tegas menentang perokok anak. Lebih dari itu, kami selalu percaya bahwa diperlukan kerja sama semua pihak untuk mendukung pencegahan perokok anak yang efektif," ujarnya

"Harapan kami, melalui program GenAktif, edukasi dan upaya pencegahan perokok anak dapat mempunyai jangkauan yang lebih luas," pungkasnya. (A-2)

Baca Juga

MI/Ramdani

DPRD DKI Kritik Rencana Perluasan Gage di Jakarta

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:44 WIB
Pasalnya, dengan perluasan ruas jalan gage akan membuat warga mengeluarkan biaya bahan bakar lebih...
MI/ANDRI WIDIYANTO

DPRD Sebut Pembangunan Infrastruktur Pengolahan Limbah Harus Sesuai Aturan

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 26 Mei 2022, 11:23 WIB
Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta Habib Muhammad bin Salim Alatas mengatakan salah satu syarat yang belum dimiliki PAL Jaya adalah penasihat...
Antara/Dhemas Reviyanto

Evaluasi HBKB, Koalisi Pejalan Kaki Soroti Rendahnya Pemindaian Peduli Lindungi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 25 Mei 2022, 22:26 WIB
"Nah di rapat evaluasi kemarin juga jadi sorotan terkait dengan masih sedikitnya publik yang melakukan pemindaian QR code," kata...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya