Sabtu 03 Agustus 2019, 15:02 WIB

Indonesia Pecahkan 2 Kategori Rekor Dunia

Abdillah Marzuqi | Olahraga
Indonesia Pecahkan 2 Kategori Rekor Dunia

MI/Abdillah Marzuqi
Perwakilan Guinness World Records menyerah sertifikat dua rekor dunia yang dipecahkan Indonesia kepada Ketua WASI Tri Tito Karnavian.

WANITA Selam Indonesia (Wasi) berhasil memecahkan dua rekor Guinness World Records Official Attempt untuk penyelaman massal terbanyak dan pembentangan bendera terbesar di bawah air. Pemecahan rekor dunia dilakukan di Pantai Manado, Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara.

Tercatat, pemegang rekor dunia untuk penyelaman massal terbanyak juga dipegang WASI pada 2009 di Manado.

Sedangkan rekor dunia untuk pembentangan bendera terbesar di bawah air sebelumnya dipegang Australia dengan ukuran bendera 166,62 meter pada 2017.

Ketua WASI Tri Tito Karnavian mengungkapkan harapan agar kegiatan WASI itu bisa menjadi hadiah untuk hari ulang tahun Indonesia yang ke-74.

"Semoga ini adalah hadiah yang bisa persembahkan kepada negara republik Indonesia yang kita cintai. Semoga kegiatan kami ini tidak hanya berada di sini, namun terus sebagai motivasi untuk kita semua untuk melakukan yang terbaik bagi negara dan bangsa kita," ucap Tri dalam sambutannya, Sabtu (3/8).

Baca juga: Pari Manta Meminta Bantuan Penyelam

Persiapan telah dimulai pukul 05.30 WITA saat peserta memulai persiapan seperti pemasangan peralatan selam serta briefing untuk masing-masing kelompok sebelum memulai prosesi masuk dalam air.

Acara tersebut juga didahului dengan upacara pengibaran bendera di bawah laut. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Beberapa hari sebelumnya, WASI memecahkan rekor dunia selam yaitu rangkaian penyelam terpanjang di bawah air di Manado, Kamis (1/8). Rekor ini memecahkan capaian sebelumnya yang pernah dipecahkan Amerika tahun 2018 dengan jumlah penyelam sebanyak 386 penyelam.

Kegiatan pemecahan rekor WASI Guinness World Records Official Attempt telah dipersiapkan kurang lebih satu tahun, mulai dari koordinasi para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan dari luar Indonesia serta proses panjang pemilihan lokasi untuk melaksanakan kegiatan ini hingga akhirnya Manado terpilih sebagai lokasi paling tepat.(OL-5)

Baca Juga

AFP/Jaime Reina

Joan Mir tak Percaya Diri jadi Favorit Juara Musim Balap 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 21:45 WIB
Mir tahun ini mempertahankan nomor 36 tersemat di motornya, ketimbang memilih nomor 1 yang menjadi hak istimewa pemegang gelar juara...
ANTARA FOTO/	ADITYA PRADANA PUTRA

2 Wakil Terakhir Indonesia di Perempat Final Swiss Open Tersingkir

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 06:55 WIB
Vito ditaklukkan Viktor Axelsen dari Denmark 17-21, 12-21. Sementara Leo/Daniel dihadang wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Woi Yik melalui...
AFP

Qatar Tegaskan Komitmen Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

👤Widhoroso 🕔Sabtu 06 Maret 2021, 04:30 WIB
Qatar tetap akan mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya