Jumat 31 Maret 2023, 15:45 WIB

Tokoh Muhammadiyah Sepakat Perusak Bangsa Dihukum Mati

Media Indonesia | Nusantara
Tokoh Muhammadiyah Sepakat Perusak Bangsa Dihukum Mati

DOK/MI
Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas (kedua dari kiri)

 

KETUA PP Muhammadiyah Anwar Abbas mengatakan, siapapun oangnya, jika mereka melakukan kesalahan sangat berat, dan membahayakan anak bangsa maka bisa dijatuhi hukuman mati.

Hal ini disampaikan Anwar menyikapi tuntutan mati yang diajukan jaksa terhadap tersangka Teddy Minahasa.

“Jika melakukan kesalahannya sangat berat, karena merusak hidup dan kehidupan anak dan warga bangsa, maka untuk kemashlahatan dan kebaikan, siapapun dia maka hakim bisa menjatuhkan hukuman mati,” kata Anwar, Jumat (31/3).

Menurut dia, hukuman tujuannya bukan hanya untuk membuat si pelaku menjadi jera, tapi juga  untuk tegaknya keadilan. "Kapan sesuatu itu akan dikatakan adil kalau hukuman yang diberikan kepada pelakunya setara dan seimbang dengan yang dia lakukan."

Mengenai negara lain yang sudah menghapus hukuman mati, Anwar Abbas merasa heran dengan sikap negara-negara yang selama ini bicara menghormati hak asasi manusia (HAM) tapi ternyata mereka tidak menghormati hak-hak asasi dari manusia lain.

"Mereka hanya menghormati hak asasi dari orang yg telah menghilangkan nyawa orang tapi dia tidak menghormati hak  hidup dari orang yang telah mereka bunuh dan hancurkan hidupnya,” ungkap Anwar.

Dia mencontohkan kejadian di Selandia Baru. Brenton Tarran telah membunuh 60 orang yang sedang melaksanakan salat jumat tapi si pelaku hanya dijatuhi hukuman seumur hidup. "Adilkah itu?" tanya Anwar.

Menurut dia, hal itu  sangat tidak adil. Keadilan ada jika hukumannya seimbang dan setara dengan yang dilakukannya. (N-2)

Baca Juga

MG News

Kunker di Pasar, Iwan Bule Kumpulkan Suara Gerindra

👤Media Indonesia 🕔Rabu 31 Mei 2023, 01:28 WIB
Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Mochamad Iriawan (Iwan Bule) melakukan kunjungan kerja ke daerah Jawa Barat yang dimulai di wilayah...
Dok. KST

Komunitas Sopir Truk Sosialisasi Keselamatan Berkendara bagi Sopir di Bogor

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 31 Mei 2023, 00:10 WIB
Pelatihan itu agar insiden kecelakaan yang disebabkan pecah ban, rem blong, hingga kelistrikan bisa...
Dok. Kiai Muda Jatim

Ciptakan SDM Unggul, Kiai Muda Jatim Gelar Pelatihan Menjadi bagi Santri di Bojonegoro

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 31 Mei 2023, 00:00 WIB
"Kiai Muda Jawa Timur hari ini menggelar pelatihan dan juga edukasi pendidikan tentang konveksi menjahit, obras, menaruh kancing baju,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya