Senin 09 Januari 2023, 21:31 WIB

BPBD Banyumas Minta Warga Tetap Waspada Bencana Hidrometeorologi

Lilik Darmawan | Nusantara
BPBD Banyumas Minta Warga Tetap Waspada Bencana Hidrometeorologi

Medcom
Ilustrasi

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) meminta masyarakat untuk terus mewaspadai bencana hidrometeorologi. Pasalnya, BMKG masih mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas Budi Nugroho mengatakan pihaknya meminta masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan bencana. "Apalagi, di Banyumas masih terjadi. Seperti pada akhir pekan lalu di Desa Watuagung, Kecamatan Tambak. Di desa setempat ada longsor yang mengancam sejumlah rumah. Material longsor menutup jalan kabupaten," jelas Budi, Senin (9/1).

Menurutnya, pihaknya bersama relawan telah menyingkirkan material longsor yang menutup jalan kabupaten. Sedangkan pemilik rumah sudah mengungsi di rumah anaknya. “Kami masih mengimbau kepada masyarakat untuk waspada, karena berdasarkan prakiraan BMKG masih ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi," ujarnya.

Terpisah, pengamat Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan bahwa potensi hujan sedang hingga deras masih potensial terjadi, Selasa (10/1) besok.

"Potensi hujan dengan intensitas sedang dan lebat yakni Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Wonosobo. Kami mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem. Terutama yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi," katanya. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/DJOKO SARDJONO

Peringati HUT ke-39, RS Cakra Husada Klaten Gelar Bakti Sosial Pelayanan Kesehatan di Desa Logede

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:00 WIB
Bakti sosial pelayanan kesehatan umum dan Fisioterapi di balai desa tersebut, adalah dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-39...
Dok. Infinity8 Bali

Rekomendasi Venue Meeting Dan Wedding Di Area Jimbaran, Bali

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 18:37 WIB
Infinity8 Bali menekankan kualitas dan profesionalisme di seluruh layanan sambil tetap berdedikasi untuk memberikan tempat yang kompetitif...
DOK/PUPUK INDONESIA

Stok Pupuk Subsidi di Jatim Penuhi Kebutuhan Tiga Pekan ke Depan

👤Bagus Suryo 🕔Kamis 09 Februari 2023, 18:29 WIB
Stok pupuk bersubsidi di Penjualan Wilayah 4 tersebut tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya