Jumat 06 Januari 2023, 15:53 WIB

Alasan Usia Jadi Alasan Jaksa Tuntut Ringan Pelaku Pemerkosaan Di Lahat

Dwi Apriani | Nusantara
Alasan Usia Jadi Alasan Jaksa Tuntut Ringan Pelaku Pemerkosaan Di Lahat

DOK MI
Ilustrasi

 

KEJAKSAAN Negeri Lahat, Sumsel menyebut alasan usia menjadi dasar rendahnya tuntutan terhadap dua pelaku perkosaan terhadap A, 17. Dua terdakwa yaitu OH, 17, dan AL, 17, hanya dituntut tujuh bulan penjara dan hanya divonis 10 bulan penjara oleh hakim Pengadilan Negeri Lahat.

Kepala Kejaksaan Negeri Lahat, Nilawati melalui Kasi Pidum Frans Mona mengatakan, tuntutan yang diajukan mempertimbangkan usia kedua terdakwa yang masih anak-anak. Bahkan kedua terdakwa disebutkan masih sekolah. 

"Kami masih belum mengambil sikap terhadap vonis yang dijatuhkan. Kami masih pikir-pikir. Ada waktu hingga Selasa depan," jelasnya.

Di sisi lain, Humas Pengadilan Negeri Lahat, Diaz Nurima Sawitri menjelaskan, putusan yang dijatuhkan menjadi kewenangan mutlak hakim yang mengadili perkara tersebut. "Pada prinsipnya, hakim mengadili perkara secara independen, tidak boleh ada intervensi dari manapun dan oleh siapa pun," kata dia.

Ia mengatakan putusan sudah dibuat secara objektif dengan mempertimbangkan fakta-fakta persidangan yang diperoleh dari alat bukti dan barang bukti yang dihadirkan. "Juga berdasarkan keyakinan hakim yang bersangkutan," kata Diaz.

Ia menjelaskan, sebagaimana filosofi UU No 11/2012 tentang sistem peradilan pidana anak, penjatuhan pidana terhadap anak juga harus memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak bermasalah hukum tersebut "Jadi, semuanya sudah dipertimbangkan secara objektif oleh hakim yang mengadili perkara tersebut," ungkapnya.

Kasus perkosaan itu sendiri terjadi pada Sabtu, 29 Oktober 2022 di sebuah rumah kos di Kabupaten Lahat. Selain OH dan AL, aksi bejat ini juga dilakukan oleh GA, 18. Namun, GA belum menjalani persidangan karena kasusnya masih dalam penyidikan Polres Lahat. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA

PLN Putus Sambungan Listrik Kantor Bupati Kepulauan Tanimbar

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:57 WIB
PLN unit layanan pelanggan (ULP) Saumlaki, Maluklu melakukan pemutusan jaringan listrik yang mengaliri kantor bupati Kepulauan Tanimbar,...
Ist

Relawan Puan Sosialisasikan Kelor sebagai Pencegah Stunting di Sukabumi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:49 WIB
Kegiatan melawan stunting di Desa Pabuaran diadakan berkat kerja sama HaloPuan dengan kader PDI Perjuangan sekaligus Anggota DPRD Kabupaten...
DOK MI.

Polres Padang Panjang Tetapkan Sopir Truk Tersangka Kecelakaan Beruntun

👤Gusri Elfaishal 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:48 WIB
Satu hari pascakecelakaan beruntun yang menewaskan tiga pengendara, Kepolisian Resort Padang Panjang menetapkan Novriaggani, 47, sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya