Selasa 03 Januari 2023, 23:11 WIB

BMKG Sulut Keluarkan Peringatan Dini Banjir dan Gelombang Tinggi

Vouvke Lontaan | Nusantara
BMKG Sulut Keluarkan Peringatan Dini Banjir dan Gelombang Tinggi

ANTARA
Ilustrasi prakiraan cuaca

 

STASIUN Maritim Bitung, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Utara mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi terjadinya gelombang tinggi dan banjir pesisir di sejumlah wilayah hingga 10 Januari mendatang.
 
"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi dan banjir pesisir yang berpeluang terjadi di sejumlah wilayah hingga 10 Januari 2023 mendatang," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror, di Manado, Selasa (3/1).
 
Penyebab terjadinya kondisi seperti ini, menurut dia, karena adanya fase bulan purnama pada 6 Januari 2023, disertai dengan gelombang kategori sedang hingga tinggi serta kecepatan angin hingga 20 knot.
 
Kondisi ini dapat mengakibatkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang lebih signifikan.


Baca juga: Jayapura Kembali Rasakan Gempa

 
Dia menyebutkan wilayah-wilayah yang berpotensi terdampak gelombang tinggi dan banjir pesisir yaitu pesisir Kabupaten Kepulauan Sangihe, pesisir utara dan timur Kabupaten Kepulauan Talaud, pesisir timur Kabupaten Kepulauan Sitaro dan pesisir Bitung.
 
Masyarakat diimbau selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim BMKG.
 
Ketinggian gelombang dan banjir pesisir ini dapat menyebabkan terganggunya kegiatan terutama pada sektor perikanan tangkap, transportasi, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta bongkar muat kapal di pelabuhan.
 
"Kami berharap warga berhati-hati dan memperhatikan peringatan gelombang tinggi dan banjir pesisir ini," ujarnya. (Ant/OL-16)

 

Baca Juga

dok.Pemprov Jateng

Ganjar Targetkan Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah Rampung Akhir 2023

👤Haryanto 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:32 WIB
PEMBANGUNAN Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang berada di Kabupaten Magelang, kembali dilanjutkan setelah sempat terhenti selama dua...
Dok PWKI

Sultan HB X Siap Terima Kunjungan Wakil Paus Fransiskus di Yogyakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:25 WIB
Kardinal Ayuso yang membidangi Dialog Antar Agama dari Vatikan akan ke Yogyakarta untuk mewakili Paus Fransiskus menerima Gelar Kehormatan...
ANTARA

Ladang Ganja Ditemukan di Kawasan Objek Wisata Cangkuang Garut

👤Kristiadi 🕔Selasa 31 Januari 2023, 21:46 WIB
Selain pohon ganja yang sudah tinggi dan siap panen itu ada pula bibit pohon ganja yang relatif masih kecil dan baru tumbuh beberapa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya