Minggu 01 Januari 2023, 20:15 WIB

Banjir Landa Empat Kabupaten Di Madura

Mohammad Ghazi | Nusantara
 Banjir Landa Empat Kabupaten Di Madura

Medcom
Ilustrasi

 

BENCANA banjir melanda empat kabupaten di Pulau Madura, Jawa Timur, Minggu (1/1). Puluhan desa dan kelurahan di wilayah tersebut, tergenang musibah yang disebabkan hujan deras selama sehari.

Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masing-masing kabupaten, di Kabupaten Pamekasan terdapat 8 desa dan 6 kelurahan, di Kabupaten Sampang terdapat 11 desa dan 5 kelurahan, di Kabupaten Bangkalan dan Kabupaten Sumenep terdapat masing-masing 5 desa.

Banjir terjadi setelah hampir seluruh wilayah Madura diguyur hujan hampir sehari pada hari sebelumnya. Akibatnya, air dari wilayah dataran tinggi dan menumpuk di kawasan dataran rendah. "Kiriman air dari kawasan hulu menyebabkan air sungai di kawasan kota meluap dan menggenangi sejumlah desa dan kelurahan," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Budi Cahyono.

Di Kabupaten Sampang, banjir melumpuhkan aktivitas warga di jantung kota. Jalur utama dari wilayah tersebut ke kabupaten lain di Madura putus total dan dialihkan ke wilayah pantura Madura.

Di jalur selatan yang merupakan jalur utama antar Kabupaten, terdapat sedikitnya 5 titik jalan yang tergenang banjir dengan ketinggian hampir setengah meter. Selain di Kota Sampang, jalur yang tergenang cukup parah antara lain Jalan Raya Kemuning, Jalan Raya Jrengik, dan Jalan Raya Blega.

Kepala BPBD Sampang, Asrori, mengatakan sejauh ini belum ada wargA terdampak yang mengungsi. Namun pemerintah setempat menyiapkan sejumlah lokasi untuk warga yang akan mengungsi, diantaranya di Pasar Srimangunan. "Kami juga menyiapkan dapur umum untuk membantu warga yang terdampak," kata Asrori. (OL-15)

Baca Juga

MI/DENNY SUSANTO

Mengenal Posko Meratus, Kelompok Penjaga Hutan Adat Pegunungan Meratus

👤Denny Susanto 🕔Selasa 07 Februari 2023, 12:02 WIB
Sebagai bagian paru-paru dunia, keberadaan pegunungan Meratus sangat vital. Meratus juga menjadi sumber air utama bagi tiga provinsi...
MI/DWI APRIANI

Pupuk Indonesia Targetkan Penyerapan Urea di Kalimantan Selatan Mencapai Dua Kali Lipat di 2023

👤Denny Susanto 🕔Selasa 07 Februari 2023, 12:00 WIB
Serapan pupuk urea dan NPK di Kalsel cukup baik sepanjang 2022. Untuk urea kita targetkan peningkatan penyaluran hingga dua kali lipat pada...
MI/Ruta Suryana

Desa Wisata Pemuteran Raih Penghargaan di Level ASEAN Tahun 2023

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 07 Februari 2023, 11:20 WIB
Desa Wisata Pemuteran, Bali, mendapat penghargaan yang diberikan oleh ASEAN Tourism Standard kategori Community-Based Tourism...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya