Kamis 29 Desember 2022, 16:36 WIB

Tanggul Jebol, Kawasan Wisata Marina Kota Semarang Kebanjiran

Akhmad Safuan | Nusantara
Tanggul Jebol, Kawasan Wisata Marina Kota Semarang Kebanjiran

Antara/Aji Styawan.
Ilustrasi.

 

SEJUMLAH tanggul jebol, kawasan wisata Pantai Marina, Kota Semarang terendam banjir. Pengunjung secara berangsur-angsur mulai meninggalkan lokasi karena banjir semakin meninggi.

Pemantauan Media Indonesia, Kamis (29/12), puluhan petugas kawasan wisata Pantai Marina, Kota Semarang, terlihat sibuk dari mulai  melakukan penjagaan di pintu gerbang hingga membawa truk dan perahu karet menuju ke kawasan pantai. Puluhan pengunjung juga mulai keluar kompleks wisata akibat banjir terus meninggi. 

Mereka khawatir menjadi korban karena gelombang laut juga masih terus menerjang tanggul pantai. "Ada tujuh titik tanggul yang jebol dihantam gelombang," ujar seorang petugas keamanan.

Namun sejauh ini belum ada korban, lanjutnya, karena pengunjung dan warga telah bergeser keluar ketika banjir terus meninggi. Karenanya, petugas hanya melakukan pengamanan serta mengantisipasi dengan menyiapkan sarana prasarana kebencanaan.

Petugas juga terus berupaya membendung air masuk dengan menutup tanggul jebol dengan berbagai berbagai alat seadanya. Namun sejauh ini upaya itu belum menunjukkan keberhasilan.

Sebelumnya, Kepala BMKG Maritim Retno Widyaningsih mengatakan kawasan pesisir di Jateng terancam banjir rob menjelang akhir 2022 hingga awal 2023. Ini perlu dilakukan antisipasi menghadapi bencana tersebut. "Saya mohon kepada masyarakat dan stakeholders yang melakukan kegiatan di pesisir maupun laut Jawa bagian tengah untuk mulai mengecek tanggul-tanggul di sekitarnya dan mengecek ketahanan tanggul itu," kata Retno Widyaningsih. (OL-14)

Baca Juga

MI/VOUCKE LONTAAN

Ketua Umum Legio Luminis Indonesia Wenny Lementut Salurkan 1.000 Paket Bantuan Korban Bencana di Manado

👤Voucke Lontaan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 14:32 WIB
Apa yang dibuat LLI tersebut semata-mata karena alasan kemanusiaan. Ini wujud kepedulian sesama umat manusia kepada warga yang terkena...
dok.mi

Kasus ODGJ Grobogan yang Dihamili Ayah dan Adik Kandung Mangkrak

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:27 WIB
KASUS orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Grobogan dua kali dihamili ayah dan saudara kandung menjadi sorotan, namun hingga saat...
MI/Tosiani

Ganjar Pranowo Luncurkan Program Beras Fortifikasi untuk Atasi Stunting

👤Tosiani 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:15 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo melaunching beras fortifikasi atau beras bergizi yang diperuntukkan bagi ibu hamil di Magelang....

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya