Kamis 29 Desember 2022, 13:35 WIB

Ayep Zaki Juga Kembangkan Budi Daya Buah-Buahan

Media Indonesia | Nusantara
 Ayep Zaki Juga Kembangkan Budi Daya Buah-Buahan

Dok pribadi
Ayep Zaki (baju biru) bersama sejumlah petani di lahan budi daya buah-buahan.

 

ANGGOTA Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP Partai NasDem Ayep Zaki mulai merambah budi daya buah-buahan khususnya pisang. Sebelumnya ia fokus pada pengembangan padi, jagung, dan kedelai (pajale). Hal ini dilakukan karena komitmennya membangun ekosistem pertanian.  

"Jadi ini satu komitmen bagaimana memberdayakan ekonomi masyarakat melalui sektor pertanian. Ini komitmen yang akan saya bangun terus-menerus," ujar H Ayep Zaki dalam keterangannya, Kamis (29/12).

Wakil Bendahara Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) itu menerangkan di luar komoditas pajale, ia mengembangkan varian pisang lokal hingga premium seperti pisang tanduk, pisang raja bulu, pisang barangan, pisang mas, pisang ambon termasuk juga pisang cavendish

"Kita sudah dua kali panen. Jangka waktu penanamannya itu kurang lebih sekitar delapan bulan yang lalu," papar calon legislatif NasDem dari daerah pemilihan Jawa Barat IV tersebut.

Untuk memaksimalkan hasil pertaniannya, anggota Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat itu bukan cuma bicara konsep. Pasalnya, ia turun langsung memberikan pembinaan dan pendampingan kepada para petani buah-buahan seperti durian dan melon premium.

"Kita akan terus mengembangkan buah-buahan lain, termasuk melon yang premium serta durian lokal produk dari balai benih yang diproduksi oleh balai-balai benih yang memilik standar sertifikasi," ungkapnya.

Ketua Dewan Pakar DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi itu melanjutkan, pihaknya akan terus mengembangkan langkah demi tercipta satu ekosistem pertanian. Dari situ kelak akan melahirkan ekosistem ekonomi yang bisa membidani kesejahteraan dan kemakmuran bagi seluruh yang terlibat di ekosistem tersebut.

"Jadi apabila ingin berkembang maju bersama-sama, saya mengajak kepada seluruh masyarakat, bisa bergabung bersama kami di NasDem pada bidang pertanian, peternakan, dan kemandirian desa," kata dia.

Ayep menuturkan selain di wilayah Sukabumi, fokus pengembangan budi daya buah-buahan tersebut selain di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dilakukan juga di Papua, Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Provinsi Lampung.

"Kami fokus dan ini menjadi komitmen saya sebagai kader NasDem. Kita bekerja terus, bekerja, dan bekerja yang pada akhirnya nanti akan mendapatkan hasil untuk kepentingan bersama-sama," tutup Ayep. (RO/O-2)

Baca Juga

ANTARA/DOK.POLRES

Mantan Wali Kota Blitar Diduga Turut Rancang Aksi Perampokan

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 27 Januari 2023, 19:10 WIB
Totok mengungkapkan bahwa Samanhudi tidak mendapat bagian dari hasil perampokan karena yang bersangkutan hanya memberikan bantuan berupa...
MI/HO

Wamen ATR/BPN Serahkan Sertifikat Tanah Milik TK Aisyiyah di Kudus

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:59 WIB
Raja Juli berharap agar sertifikat tanah yang telah diserahkan dapat membantu pembangunan manusia khususnya di...
dok.ist

Relawan Sandiaga Uno Ciamis Buka Gerai UMKM Hasil Olahan Ikan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:16 WIB
RELAWAN Sahabat SandiUno terus berupaya memberikan kontribusi, untuk melakukan inovasi berbagai jenis produk olahan ikan sesuai dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya