Rabu 28 Desember 2022, 21:33 WIB

Sungai Jompo Meluap, Rumah Bupati Jember Ikut Terendam 1,5 Meter

mediaindonesia.com | Nusantara
Sungai Jompo Meluap, Rumah Bupati Jember Ikut Terendam 1,5 Meter

DOK.MI
Ilustrasi

 

BANJIR akibat luapan Sungai Jompo merendam rumah Bupati Jember Hendy Siswanto dan belasan rumah lainnya dengan ketinggian 1,5 meter di Kelurahan Jember Kidul, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (28/12) malam.
 
"Hujan deras yang mengguyur Jember sejak siang hingga malam ini menyebabkan sejumlah lokasi terendam banjir akibat luapan air sungai," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo.
 
Rumah Hendy Siswanto dan warga yang berada di Lingkungan Kampung Ledok memang menjadi langganan banjir karena lokasinya berada di sebelah Sungai Jompo, sehingga keluarga bupati dan warga setempat sudah mengevakuasi diri secara mandiri.
 
Menurut Heru, hujan deras mengakibatkan aliran Sungai Jompo tidak dapat menampung debit air, sehingga meluap ke permukiman warga dengan ketinggian lebih dari 1 meter, termasuk di rumah Bupati Jember yang berada di lingkungan Kampung Ledok, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates.


Baca juga: Sebagian Wilayah Jatim Diprediksi Hujan Deras Saat Pergantian Tahun

 
"Tidak hanya itu, hujan deras juga mengakibatkan aliran Sungai Semangir tidak dapat menampung debit air sehingga meluap ke pemukiman warga dengan ketinggian sekitar 50-80 cm," tuturnya.
 
Berdasarkan data Pusat Pengendali Operasional (Pusdalops) Jember tercatat ada tiga lokasi yang terdampak banjir yakni Kelurahan Jember Kidul di Kecamatan Kaliwates, Kelurahan Jember Lor di Kecamatan Patrang, Kelurahan Sempursari di Kecamatan Kaliwates, namun kemungkinan data tersebut terus bertambah seiring masih turunnya hujan deras di kabupaten setempat.
 
Petugas BPBD Jember juga menguras genangan air yang berada di lingkungan Kampung Ledok agar genangan air berkurang dan tidak semakin tinggi banjir yang melanda kawasan setempat.
 
"Saya mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap cuaca ekstrem dan warga yang berada di bantaran sungai untuk meningkatkan kesiagaannya karena intensitas curah hujan yang tinggi pada hari ini," ujarnya.
 
Sementara itu, sejumlah ruas jalan di Jember tergenang banjir menyebabkan beberapa kendaraan mogok terjebak banjir dan sebagian kendaraan harus memutar mencari jalan alternatif untuk menghindari genangan banjir. (Ant/OL-16)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aji Styawan

Banjir Masih Merendam Kota Semarang

👤Achmad Safuan 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:00 WIB
Bencana banjir masih merendam wilayah Kota  Semarang, sehingga warga tetap siaga apalagi diperkirakan cuaca ekstrem masih akan...
MI/Seno

Hakim Pengadilan Agama Dipecat karena Telantarkan Anak

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 14:50 WIB
Ia dilaporkan karena melakukan poligami, tidak mengakui anak, tidak menafkahi anak dan tidak memberikan contoh sebagai hakim...
MI/Amiruddin A.R

Harimau Masuk Perangkap di Aceh Selatan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:59 WIB
BKSDA Aceh menyatakan seekor harimau sumatra (panthera tigris sumatrae) masuk kandang perangkap di kawasan Hutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya