Jumat 02 Desember 2022, 17:46 WIB

Bantah Kepulauan Widi Malut Dilelang, PT LII: Cari Investor

Rahmatul Fajri | Nusantara
Bantah Kepulauan Widi Malut Dilelang, PT LII: Cari Investor

Handout Pekab Halmahera Selatan
Pulau Widi

 

PT Leadership Islands Indonesia (LII) menanggapi soal berita terkait 100 pulau di Indonesia dilelang. Salah satu berita menyebutkan Kepulauan Widi di Maluku Utara (Malut) akan dijual melalui perusahaan Lelang Sotheby di New York mulai 8-14 Desember. Kepulauan Widi disebutkan terdiri atas 100 pulau lebih di 'Segitiga Terumbu Karang' yang luasnya mencapai 10 ribu hektare.

Communication Director PT LII Okki Soebagio menyayangkan adanya pemberitaan tersebut. Ia mengatakan pemberitaan tentang Kepulauan Widi yang dilelang adalah keliru dan menyesatkan.

“LII menyayangkan media-media yang menerbitkan artikel dengan judul yang berpotensi menyebabkan kesalahpahaman, terutama karena tidak ada dari pihak media tersebut yang menghubungi LII untuk meminta pernyataan atau tanggapan," kata Oki, melalui keterangannya, Jumat (2/12).

Okki menjelaskan pihaknya adalah perusahaan yang memegang izin menjalankan usaha di Kepulauan Widi, Maluku Utara. Pihaknya telah membuat masterplan, rancangan arsitektur, dan mendapatkan perizinan untuk menjalankan usaha di Kepulauan Widi yang akan menjadi salah satu tujuan wisata berkelanjutan yang terbaik di dunia.

Ia mengatakan, secara keseluruhan, pihaknya telah memperoleh lebih dari 30 izin, persetujuan, rekomendasi dari beberapa instansi pemerintah. Pihaknya telah menjalankan kegiatan sosialisasi untuk masyarakat dan berperan aktif selama beberapa tahun dalam proses menjadikan Kepulauan Widi untuk ditetapkan sebagai Kawasan Konservasi Perairan (KKP).

Oki mengatakan dalam rangka mempercepat proses investasi asing besar ke pengembangan Kepulauan Widi pascapandemi, pihaknya mengambil langkah untuk bekerja sama dengan Sotheby’s Auction Concierge yang berbasis di Amerika Serikat dan Inggris.

"Sotheby’s Auction Concierge memiliki database klien internasional yang fokus untuk berinvestasi pada bisnis real estate maupun perhotelan. Sotheby’s Auction Concierge saat ini membantu LII untuk menemukan investor berpotensi sebagai mitra PT LII dalam mengembangkan Kepulauan Widi," katanya.

Baca juga : Wamen ATR/BPN Serahkan Sertifikat Tanah RS Muhammadiyah dan Masjid Persis Bandung

Ia menjelaskan proses lelang yang dijalankan adalah menjual interest dalam LII. Hal ini bertujuan untuk menarik investor yang memiliki semangat dan visi yang sama dengan LII, yakni visi yang berfokus pada area konservasi skala besar dan pembangunan yang berkelanjutan, serta pemberdayaan masyarakat.

"Sekali lagi, kami sampaikan bahwa Sotheby’s Auction Concierge dan LII sama sekali tidak bermaksud untuk "menjual pulau Widi" dan bahwa Sotheby’s Auction Concierge dan LII memahami secara penuh bahwa pulau-pulau di Indonesia adalah milik negara Republik Indonesia dan karenanya kepulauan tidak dapat dimiliki oleh individu atau perusahaan swasta mana pun," katanya.

Oki mengatakan hal tersebut telah disampaikan di situs Sotheby’s Auction Concierge dan semua siaran pers yang telah diterbitkan sejak awal kampanye pemasaran. Adapun proses penggalian dana investasi melalui proses pelelangan atas interest di LII akan dilaksanakan di masa yang akan datang.

Lebih lanjut, Oki menjelaskan pada Selasa (29/11), pihaknya menghadiri pertemuan dengan kementerian terkait di Ternate yang difasilitasi oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Direktur Toponimi dan Batas Daerah Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan. 

Dalam pertemuan itu dibahas rincian proses Sotheby’s Concierge Auctions yang memfasilitasi LII dalam mencari investor yang memenuhi syarat untuk pengembangan Widi Reserve.

"Setelah pertemuan ini, terdapat keterangan pers yang mengklarifikasi bahwa Pemerintah Indonesia mendukung LII dalam bekerja untuk mendapatkan investasi besar untuk pembangunan Kepulauan Widi. Apabila terdapat pertanyaan-pertanyaan, mohon untuk silakan hubungi anggota tim kami melalui widireserve.com," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Dok. handout Istagram @raga.alfath

Cerita Raga Alfath Besarkan Bisnis Digital Aset.id, dari Malang Kini Ekspansi ke Ibu Kota Jakarta 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:42 WIB
Raga membangun digital platform yang diberi nama Aset.id sejak akhir 2020. Meski baru berjalan selama dua tahun lamanya, Raga sebenarnya...
dok.ant

Di Sulawesi Tenggara hanya Minyakita yang Langka

👤Rahmat Rullah 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:37 WIB
KEPALA Perum Bulog, Sulawesi Tenggara (Sultra), Siti Mardati Saing menjelaskan, khusus minyak goreng, merek Minyakita yang disubsidi...
Dok. KSP

Padi Reborn dan D'Masiv Sukes Hibur Pecinta Musik Cilegon di BNI The Royale Music Fest 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:32 WIB
Konser musik yang dihadiri oleh sekitar 2 ribu penonton yang mayoritas sobat padi serta massiver tersebut, bak membius para penikmat musik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya