Kamis 01 Desember 2022, 20:39 WIB

Inovasi SMKPPN Sembawa Pikat Pengunjung Produk SMK se-Sumsel

Dwi Apriani | Nusantara
Inovasi SMKPPN Sembawa Pikat Pengunjung Produk SMK se-Sumsel

dok.Ist
Kepala SMKPPN Sembawa, Yudi Astoni (kiri) bersama pihak terkait pada Pameran SMK se-Sumsel

 

SERANGKAIAN produk unggulan dari SMKPP Negeri Sembawa ditampilkan Kementerian Pertanian RI pada 'Pameran Produk Inovasi SMK se-Sumatera Selatan' (Sumsel) di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu di Kota Muara Enim selama dua hari, 30 November hingga 1 Desember 2022.

Berbagai kalangan dari siswa, dinas terkait dan masyarakat ikut memeriahkan acara tersebut. Berbagai kegiatan digelar di antaranya Lomba Kreativitas dan Teknologi Siswa SMK dan pameran aneka produk dari SMK maupun UMKM se-Sumsel.

Partisipasi SMKPPN Sembawa merupakan bagian dari upaya Kementan untuk promosi produk pertanian dan pentingnya Ketahanan Pangan melalui produk inovasi dari unit pelaksana teknis Pendidikan dari Badan Penyuluhan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP).

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo berulangkali mengingatkan tentang peran vital sektor pertanian menjadi penopang utama perekonomian nasional. “Aneka terobosan dengan menggabungkan pertanian pada subsektor perekonomian lain menjadi sesuatu yang luar biasa sekaligus menarik,” katanya.

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi mendorong SDM pertanian untuk terus berinovasi dalam pertanian untuk meningkatkan produktivitas pertanian.  "Pertanian kini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan masyarakat. Sudah saatnya pertanian dijadikan agribisnis guna meningkatkan penghasilan," katanya.

Menurut Dedi Nursyamsi, transformasi pertanian harus dilakukan dengan cara-cara modern yang memanfaatkan smart farming agar efisien dan efektif serta menekan ongkos produksi.

"Di masa lalu, pertanian konvensional dengan produktivitas rendah masih mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Kini, produktivitas tersebut, tidak mungkin bisa mencukupi kebutuhan pangan masyarakat," katanya.

Tampak stand produk inovasi SMKPPN Sembawa  dibanjiri pengunjung kunjungan yang mengincar produk inovasi hasil praktik siswa.

Kepala SMKPPN Sembawa, Yudi Astoni mengatakan bahwa produk yang dibawa merupakan produk unggulan hasil produk teaching dari Program Studi (Prodi) Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) dan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura [ATPH] di SMKPPN Sembawa.

Menurutnya, Prodi ATPH mengunggulkan prooduk jambu kristal, anggrek, tanaman bibit buah-buahan. Program studi ATP mengandalkan serai wangi, sementara Prodi APHP antara lain teh fungsional serta produk turunan serai wangi meliputi minyak atsiri, sabun, bunga sereh wangi, dan lilin aromaterapi, plus olahan jahe instan, keripik tulang lele, keripik kulit pisang dan keripik pisang coklat.

"Salah satu tujuan kegiatan, sebagai upaya mendukung, memperkenalkan dan mempromosikan karya inovasi siswa SMK se-Sumsel," kata Yudi Astoni.

Turut meramaikan kegiatan tersebut SMK di wilayah Kabupaten Banyuasin di antaranya SMK Suak Tapeh, SMK SMK I Air Kumbang, SMKN I Tungkal Ilir, SMK I Rambutan, SMK UN I BA III, SMK N Tanjung Lago dan SMK Nurul Ilmi. (OL-13)

Baca Juga: Gubernur Jabar Diminta Tidak Ubah Usulan UMK Bandung Barat

Baca Juga

DOK.MI

BNPB: 37.344 Jiwa di Kabupaten Sambas Terdampak Banjir

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 22:15 WIB
Delapan kecamatan tersebut terdiri atas Kecamatan Sejangkung, Paloh, Tangaran, Teluk Keramat, Galing, Jawai Selatan, Sambas, dan...
DOK pribadi.

Hindari Mobil, Truk Ekspedisi Terguling Timpa Sepeda Motor

👤Achmad Fachmi 🕔Rabu 01 Februari 2023, 20:41 WIB
Beruntung pengendara motor segera melompat dari kendaraan sehingga tidak ikut tertimpa...
ANTARA

Dua Bangunan di Aceh Besar Rusak Berat akibat Pergeseran Tanah

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 20:39 WIB
Pergeseran tanah tersebut sejauh ini disebabkan karena adanya hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah pegunungan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya