Jumat 25 November 2022, 17:16 WIB

LaNyalla: Hadapi Resesi Global, Produksi Komoditas Lokal Perlu Ditingkatkan

mediaindonesia.com | Nusantara
LaNyalla: Hadapi Resesi Global, Produksi Komoditas Lokal Perlu Ditingkatkan

Ist
Ketua DPD RI AA LaNyalla M Mattalitti

 

ANCAMAN resesi global harus menjadi prioritas program kerja pemerintah di akhir dan awal tahun depan. Mitigasi dan antisipasi harus cermat.

Demikian dikatakan Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti di sela lawatan ke beberapa daerah di Jawa Timur, Jumat (25/11).

Menurut dia, salah satu upaya yang bisa ditempuh pemerintah adalah menggenjot produktivitas komoditi lokal.

"Pemerintah perlu mendorong peningkatan produktivitas komoditi lokal dan menekan angka impor komoditi bahan baku pangan," kata Senator asal Jatim ini.

Dengan tingginya nilai produksi komoditi pangan dalam negeri, LaNyalla yakin Indonesia akan mampu melewati masa-masa sulit dalam pelambatan ekonomi.


Baca juga: Wisata Pegunungan di Jatim Diimbau Waspadai Gempa Bumi


Selain itu, LaNyalla berharap keunggulan bonus demografi yang dimiliki bangsa ini dapat dimaksimalkan

"Kita memiliki bonus demografi usia produktif yang tinggi, ini wajib dikelola. Sebab seperti dua sisi mata uang, bisa jadi berkah, bisa juga musibah, bila tidak ada lapangan kerja yang menyerap," tandasnya.

Mantan Ketua Kadin Jatim itu mengatakan, hal tersebut harus dilakukan karena ekonomi dunia masih diperkirakan melambat dan memasuki resesi.

"Jika tidak diantisipasi, dampak yang bisa ditimbulkan adalah pertumbuhan ekonomi yang akan melambat, inflasi yang tinggi, suku bunga yang tinggi dan akan berlangsung lama, menguatnya mata uang dolar, serta cash is the king," katanya.

Sebelumnya, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan melemahnya pertumbuhan ekonomi perlu direspons dengan kebijakan pemerintah agar ekonomi mikro tetap dapat dipicu dan siap menghadapi resesi. (RO/OL-16)

 

Baca Juga

Ist

Pengasuh Ponpes Lirboyo: Tak Ada Kaitan Bencana dengan Khilafah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:32 WIB
Sudah banyak contoh negara-negara di dunia ini yang menerapkan sistem khilafah justru sampai sekarang masih dilanda konflik...
dok.KPA Sragen

Di Sragen, Tuna Susila Terinfeksi HIV/Aids Masih Bertransaksi

👤Widjajadi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:30 WIB
MASIH banyaknya tuna susila alias PSK atau pekerja seks komersial, dengan positif HIV yang masih beroperasi dan bertransaksi di...
dok.ist

Komunitas Anak Desa Mamuju Tengah Deklarasi Dukung Firli Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 23:24 WIB
CARA unik dilakukan sekumpulan anak desa di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, saat mendeklasarikan dukungan terhadap Ketua Firli...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya