Minggu 13 November 2022, 21:00 WIB

Warga Desa di NTB Kepincut Program 1.000 Embung Ganjar Pranowo

mediaindonesia.com | Nusantara
Warga Desa di NTB Kepincut Program 1.000 Embung Ganjar Pranowo

dok.desganjar
Jaringan relawan des Ganjar NTB dideklarasikan mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

 

RIBUAN warga desa yang tergabung dalam jaringan relawan Desa untuk Ganjar (Des Ganjar) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024. Mereka menilai, Ganjar merupakan figur pemimpin nasional tepat karena mampu membawa kesejahteraan warga desa. 

Ketua Relawan Des Ganjar NTB, Sahril menerangkan, tak sedikit program dan terobosan Ganjar yang memberikan dampak positif untuk warga desa selama dua periode memimpin Jawa Tengah (Jateng) sebagai gubernur. Salah satu program yang menonjol adalah pembangunan 1.000 embung. 

"Pak Ganjar memiliki program kerja untuk membangun 1.000 embung. Untuk bagaimana meningkatkan ketahanan pangan di negeri ini, sehingga dengan adanya embung perairan kita, pesawahan, pertanian ini akan terbantu," kata Sahril di Lapangan Umum Narmada, Desa Lembuak Kabupaten Lombok Barat, NTB, dalam keterangannya, Minggu (13/11/2022). 

Embung merupakan penampung air hujan serupa waduk yang dibangun dengan tujuan pemanfaatan air hujan. Keberadaan embung bisa memperbaiki kualitas dan kuantitas air yang digunakan petani dalam sistem irigasi pertanian sekaligus memenuhi kebutuhan air bersih warga sehari-hari. 

Gerakan Seribu Embung telah digulirkan Ganjar di Jateng sejak 2016 yang lalu. Sampai saat ini, program tersebut berhasil melahirkan 1.135 embung untuk kebutuhan pengairan air bersih ke rumah tangga dan pertanian, juga sekaligus sebagai irigasi masyarakat. 

Dalam menjalankan program ini, Ganjar tidak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jateng saja, tetapi juga melibatkan banyak pihak, seperti Pemerintah Pusat dan Filantrop. 

Sahril menilai, sepak terjang Ganjar dalam memimpin dan menggagas program sudah sangat teruji serta terbukti keberhasilannya. Terlebih lagi, kata Sahril, Ganjar juga memiliki pengalaman menjadi anggota DPR RI selama dua periode sebelum memimpin Jateng sebagai gubernur. 

"Pak Ganjar itu sudah tidak diragukan kemampuannya. Berdasarkan pengalaman menjadi DPR RI dua periode dan Gubernur Jawa Tengah dua periode. Beliau ini memiliki ide dan gagasan yang luar biasa dalam membangun negeri ini," katanya. 

Sahril mengatakan, pihaknya akan terus mensosialisasikan sosok Ganjar ke masyarakat NTB. Selain menyebarkan program kerja Ganjar, Sahril menyebut relawan Des Ganjar NTB juga akan mensosialisasikan sosok gubernur berbut putih yang memiliki figur santun dan merakyat itu. 

"Kami sebagai relawan Des Ganjar NTB akan memberikan sebuah ruang informasi dan edukasi untuk bagaimana memilih pemimpin negeri ini yang oroentasinya berangkat dari pengalaman, berangkat dari sosok seorang figur yang santun, yang bijak, yang merakyat, dan yang berpengalaman," katanya. 

Sahril mengatakan, Indonesia membutuhkan figur-figur seperti itu untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Sahril meyakini bahwa sosok itu adalah Ganjar Pranowo. 

"Orientasi memilih pemimpin ke depan ini harus dibekali dengan bermacam pengalaman dan multi talenta. Kami berharap negeri kita ke depan akan lebih baik, sehingga sosok Pak Ganjar ini ke depan dapat membangun negeri ini, yang cocok untuk menggantikan Pak Jokowi," tuturnya. 

Selain menggelar deklarasi, ribuan Relawan Des Ganjar NTB juga melakukan jalan sehat dan senam bersama untuk kebugaran tubuh. Menurut Sahril, badan sehat dan pikiran rasional lahir dengan berolahraga. 

"Hari ini kita melaksanakan jalan sehat. Sebelum jalan sehat, kita awali dengan senam SKJ dan senam kebugaran, sehingga dengan berolahraga, kita memiliki pikiran yang sehat. Dengan pikiran yang sehat, kita bisa berpikir rasional," tuturnya. (OL-13) 

Baca Juga

MI/HO

Wamen ATR/BPN Serahkan Sertifikat Tanah SD Muhammadiyah Banjarmasin

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 21:32 WIB
Berdiri pada 1964 dan sempat mengalami kebakaran pada 2015, SD Muhammadiyah 9 Banjarmasin akhirnya mendapatkan sertifikat...
dok.ist

Ini Alasan Warga Desa di Semarang Dukung Ganjar Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 November 2022, 21:17 WIB
RIBUAN warga dari berbagai desa di Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo menjadi...
MI/DJOKO SARDJONO

BPJS Ketenagakerjaan Klaten Menyerahkan Santunan Kematian kepada Ahli Waris Penjaga Kantor Desa Tijayan

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 28 November 2022, 21:15 WIB
Noviana mengajak warga yang sudah bekerja untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya