Jumat 04 November 2022, 22:05 WIB

Siswa Harus Didorong Agar Rajin Bersepeda ke Sekolah

Bayu Anggoro | Nusantara
Siswa Harus Didorong Agar Rajin Bersepeda ke Sekolah

MI/BAYU ANGGORO
Kampanye bersepeda ke sekolah terus digiatkan

 

PENGGUNAAN sepeda sebagai alat transportasi harus terus disosialisasikan kepada masyarakat terutama kalangan siswa. Hal ini penting untuk menciptakan kebiasaan bersepeda di masa yang akan datang dan dilakukan banyak orang.

Demikian benang merah dalam diskusi tentang sosialisasi bersepeda di kalangan siswa, di Bandung, Jumat (4/11). Acara yang dimoderatori Ari Rikin ini dilaksanakan seiring pelaksanaan Hello Bike Festival yang bertujuan mengajak siswa agar bersepeda ke sekolah.

Psikolog anak dan remaja, Melisa Lukianti, menjelaskan, pergi sekolah dengan bersepeda memiliki manfaat yang besar bagi siswa.  Selain olahraga, berkendara mampu meningkatkan konsentrasi dan menjaga pikiran agar tetap positif.

"Selain fisik,  bersepeda juga baik ke psikis. Anak remaja yang susah tidur, suka bergadang,  mikirin hal-hal enggak penting, makanya harus berolahraga," ujarnya.


60 menit


Setiap hari, menurut dia, setiap anak remaja harus berolahraga minimal 60 menit. "Remaja itu perlu banget dalam sehari aktivitas fisik selama 60 menit. Baik secara ringan, sedang, ataupun berat."

Menurutnya hal ini seiring kondisi organ tubuh tubuh yang memang perlu dirawat. "Dengan olahraga bisa mengendalikan emosi, mengendalikan detak jantung dan pernafasan."

Manfaat bersepeda bagi siswa, juga mampu melatih anak dalam bersosialisasi. Oleh karena itu,  Melisa punya formulasi agar siswa mau bersepeda ke sekolah.

Salah satunya,  kata dia, memberikan reward kepada siswa yang konsisten bersepeda. Dia berpesan agar pihak sekolah mengatur jadwal pelajaran agar siswa bisa bersepeda dengan baik.

"Berikan jadwal hari apa saja.  Lalu sesuaikan dengan jadwal pelajaran.  Agar pada saat bersepeda, siswa tidak membawa tas yang banyak buku-bukunya," kata dia.

Pengawas sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bandung, Dodi R, mendukung penuh agar siswa bersepeda ke sekolah. "Sekoah dijadikan media untuk sosialisasi bersepeda di remaja. Sekolah harus menyiapkan parkir sepeda. Ini jadi salah satu penilaian sekolah," katanya. (N-2)

Baca Juga

MI/Haryanto

Ganjar Pastikan Tol Semarang-Demak Siap Digunakan di Libur Nataru

👤Haryanto 🕔Rabu 07 Desember 2022, 12:39 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo memastikan jalan Tol Semarang-Demak siap digunakan saat momen libur natal dan tahun baru...
DOK Pribadi.

Rampai Nusantara Puji Maluku Utara Cetak Pertumbuhan Ekonomi Tinggi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 10:00 WIB
Keindahan alam di provinsi Maluku Utara sangat menjanjikan dan bisa jadi tujuan wisata terbaik di wilayah Indonesia...
Antara

Ledakan Diduga Bom Bunuh Diri Terjadi di Polsek Astanaanyar Bandung

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 09:37 WIB
Sebuah ledakan yang diduga merupakan bom bunuh diri terjadi di Kantor Polsek Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12), sekitar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya