Jumat 04 November 2022, 21:41 WIB

Wali Kota Batam Sambut Baik Kedatangan Dubes AS dan Dubes Kanada untuk Peluang Investasi

Hendri Kremer | Nusantara
Wali Kota Batam Sambut Baik Kedatangan Dubes AS dan Dubes Kanada untuk Peluang Investasi

Antara
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Duta Besar AS Sung Y Kim dan Duta Besar Kanada Nadia Burger melihat peluang investasi di Batam

 

MENTERI Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak Duta Besar Kanada Nadia Burger dan Duta Besar Amerika Sung Y Kim melihat potensi investasi ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Nongsa, Batam.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi yang menyambut rombongan tersebut mengakui dampak positif kunjungan itu.

"Kunjungan kali ini guna memberikan nuansa baru bagi iklim investasi. Apalagi dengan meredanya Covid-19 kami mengajak negara-negara bersangkutan guna investasi di Batam," kata Rudi, Jumat (4/11).

Adapun Airlangga menambahkan, kunjungan Dubes Kanada dan Dubes Amerika Serikat diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan para investor untuk menanamkan modalnya di Batam.

"Kalau dikatakan angin segar untuk Batam, memang iya. Ini memberikan nilai tambah. Bahwa di Kepri masih ada, tempat investasi. Yang layak bagi mereka," ujar Airlangga.

Kunjungan tersebut menyambangi tiga tempat, yakni KEK Batam Aero Teknik, KEK Nongsa Digital Park (NDP), dan PT Satnusa. Ia mengakui Batam saat ini gencar-gencarnya membangun seperti jalan, dan fasilitas umum tidak lain itu merupakan dukungan pemerintah pusat dan daerah untuk pertumbuhan ekonomi di daerah.

Kehadiran Menko bersama Dubes AS dan Kanada ini selain meyakinkan para investor baru terhadap Kota Batam, juga dapat melihat perkembangan kawasan-kawasan yang ada. Dan saat ini yang menjadi ikon Kota Batam yaitu Nongsa Digital Park (NDP) di kawasan Nongsa, Batam.

Menko Airlangga bersama rombongan menyempatkan diri mengunjungi ke Hanggar KEK Batam Aero Teknik, kemudian ke KEK Nongsa Digital Park, dan selanjutnya ke PT Sat Nusapersada.

Lebih lanjut Airlangga mengungkapkan, tinjauan bersama dua dubes di KEK Batam Aero Teknik untuk melihat fasilitas sarana dan prasarana apa saja yang perlu ditambah. Selain itu KEK Batam Aero Teknik juga membutuhkan kerja sama untuk engine maintenance

"Kunjungan ke Infinite Studio NDP guna mengupdate Digital Park di sini. Termasuk, KEK NDP dan beberapa data center yang ada," katanya.

Menko menambahkan, sebuah komitmen dengan tambahan dari IBM untuk kampus merdeka yang diharapkan pada Maret tahun depan merekrut pendidikan secara hybrid, cloud akademi dan beberapa investasi di pengembang data center.

"Pemerintah pusat sangat mendorong kawasan ekonomi khusus ini bisa menarik beberapa investor, khususnya di bidang digital. Karena ketersedian fasilitas dan konektivitas dengan Singapura ditambah lagi dengan ketersedian tenaga listrik yang aandal, tentunya menjadi nilai tambah bagi Batam. Serta mendapatkan dukungan dari BP Batam dan Pemprov Kepri, sehingga bisa didorong bersama," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

MI/Fransiskus Gerardus

DPD NasDem Usung Antonius Doni Dihen Jadi Calon Bupati pada Pilkada 2024

👤Fransiskus Gerardus 🕔Selasa 06 Desember 2022, 20:25 WIB
Partai NasDem sudah mendeklarasikan diri mengusung Bupati Flores timur, Antonius Doni Dihen, putra asal dari Pulau Adonara sebagai Calon...
dok.ant

Penimbun BBM Solar Bersubsidi di Indramayu Digerebek

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 06 Desember 2022, 20:17 WIB
PETUGAS kepolisian dari Polres Indramayu menggrebeg lokasi penimbunan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar bersubsidi. Lokasinya berada di...
MI/Fransiskus Gerardus

Ratusan Kader NasDem di Flotim Siap Menangkan Anies Baswedan di Pemilu 2024

👤Fransiskus Gerardus 🕔Selasa 06 Desember 2022, 20:07 WIB
Segenap pengurus dan pimpinan tingkat kecamatan sampai provinsi mengaku konsisten mendukung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden RI 2024-...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya