Kamis 27 Oktober 2022, 18:43 WIB

Puluhan Rumah di Cipongkor Bandung Barat Harus Direlokasi

Depi Gunawan | Nusantara
Puluhan Rumah di Cipongkor Bandung Barat Harus Direlokasi

DOK MI
Ilustrasi tanah bergerak.

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat merekomendasikan warga yang tinggal di Kampung Gadung, RT 01 RW 09, Desam Cintaasih, Kecamatan Cipongkor direlokasi akibat terdampak pergerakan tanah.

Rekomendasi ini dilakukan setelah Badan Geologi melakukan kajian atau pemeriksaan kontur tanah di wilayah tersebut. Rencananya, ada sekitar 30 kepala keluarga yang rumahnya bakal direlokasi ke tempat yang lebih aman.

"Ada 30 rumah harus direlokasi karena berdasar kajian Badan Geologi, lokasinya sudah tidak aman ditinggali," terang Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat, Duddy Prabowo, Kamis (27/10).

Hasil kajian Badan Geologi, lanjut dia, di Kampung Gadung dinyatakan terdapat potensi pergerakan tanah susulan lantaran kondisi geografisnya labil. "Makanya sebagai langkah mitigasi bencana, kita ajukan direlokasi ke area yang lebih aman. Khawatirnya ada pergerakan tanah yang nantinya bisa membahayakan warga yang bermukim di lokasi tersebut," kata Duddy.

Sebelumya, pemukiman di Kampung Gadung, RT 01 RW 09 mengalami pergerakan tanah setelah diguyur intensitas hujan tinggi dengan durasi waktu yang lama pada Mei 2022 lalu.

BPBD menyebut, penyebab pergerakan tanah di wilayah itu karena kondisi geologisnya berada di perbukitan bergelombang yang curam serta kondisi lereng kemiringan antara 20 sampai 40 derajat. Dampak kejadian itu, puluhan rumah di Kampung Gadung mengalami kerusakan ringan hingga berat. 

Pascakejadian, BPBD menurunkan Badan Geologi untuk melakukan survey dan penelitian mengenai kontur tanah di wilayah itu. "Adapun dampak dari kejadian itu menyebabkan 30 rumah rusak dan satu area makam hancur," jelasnya. (OL-15)

Baca Juga

Antara

Kemenkes Targetkan 1,2 Juta Anak di Aceh Dapat Vaksin Polio 

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 27 November 2022, 15:08 WIB
Hingga saat ini, sudah ditemukan tiga kasus polio anak di Aceh. Pada Senin (28/11) besok, Kemenkes menargetkan imunisasi polio...
dok.ist

Relawan Mak Ganjar Gelar Zikir dan Doa Bersama di Tangsel

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 15:00 WIB
SUKAREWALAN yang tergabung dalam Mak Ganjar wilayah Banten menggelar zikir dan doa bersama untuk bangsa Indonesia menjadi lebih...
MI/Adi Kristiadi

Kenaikan Harga Telur di Purwokerto Bikin Pelaku usaha Bingung

👤Tosiani 🕔Minggu 27 November 2022, 13:45 WIB
HARGA telur di Purwokerto, Jawa Tengah naik terus menerus dalam dua pekan terakhir, kini tembus Rp30 ribu/kg harga ini setara dengan harga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya