Kamis 22 September 2022, 22:04 WIB

Kalsel Maksimalkan Upaya Penanganan Karhutla

Denny S | Nusantara
Kalsel Maksimalkan Upaya Penanganan Karhutla

DOK MI
Ilustrasi karhutla.

 

MEMASUKI puncak musim kemarau, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) meningkat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel mencatat, sepanjang 2022 sebaran titik api yang muncul mencapai 550.

Kebakaran hutan dan lahan terjadi merata di hampir semua daerah kabupaten/kota kecuali Kabupaten Tabalong. Berdasarkan data Pusdalops BPBD Kalsel, hingga kemarin jumlah sebaran titik api di Kalsel sudah mencapai 550 titik api dengan luas hutan dan lahan yang terbakar seluas 281 hektare lebih.

Karhutla terparah terjadi di Kabupaten Barito Kuala seluas 77 hektare, Hulu Sungai Selatan 67,4 hektare dan Banjar 60,7 hektare. Kemudian Kabupaten Balangan, Tanah Laut dan Kota Banjarbaru. Kebakaran mayoritas terjadi di areal lahan pertanian (APL) dan lahan gambut.

Kepala BPBD Kalsel, R Suria Fadliansyah, dalam laporan kebencanaannya, Kamis (22/9), menyebut berdasarkan pantauan helikopter patroli karhutla terjadi di sejumlah wilayah, termasuk di wilayah Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang masuk kawasan kaki Pegunungan Meratus.

"Upaya penanganan karhutla terus dilakukan. Saat ini Kalsel diperkuat dua helikopter patroli dan tiga helikopter water boombing," ujarnya.

Selain itu penanganan karhutla juga melibatkan tim Satgas darat Manggala Agni dibantu TNI-Polri dan relawan. BPBD Kalsel juga mengaktifkan 5 Posko Siaga Karhutla terdiri dari Guntung Damar Kota Banjarbaru, Nusa Indah Batibati Kabupaten Tanah Laut, Jalan Gubernur Syarkawi Gambut, Kabupaten Banjar, Kampus UMB Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala, dan Posko Induk di kantor BPBD Kalsel.

Upaya memaksimalkan penanganan karhutla ini juga terkait kesiapan Kalsel menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke 29, pada Oktober mendatang. BPBD Kalsel telah meminta bantuan 10 helikopter kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (OL-15)

Baca Juga

MI/Bayu Anggoro

Bobotoh Keluhkan Sistem Distribusi Tiket yang Menyulitkan Komunitas

👤Naviandri 🕔Kamis 29 September 2022, 11:40 WIB
MASSA pendukung (bobotoh) Persib menuntut manajemen untuk mempermudah sistem distribusi tiket bagi komunitas. Sebab sistemnya malah...
MI/MITHA

Pemda Sigi Gelar Dzikir Akbar Mengenang Peristiwa 28 September 2018

👤Mitha Meinansi 🕔Kamis 29 September 2022, 10:48 WIB
Gempa dan likuifaksi, empat tahun silam, selain menyebabkan ribuan orang meninggal dunia, hilang dan luka-luka, juga mengakibatkan rusaknya...
YouTube: Sekretariat Presiden

Ibu Negara Iriana Jokowi Hadiri Konser Suara 1000 Sasando di Labuan Bajo

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 07:05 WIB
Konser Suara 1000 Sasando ini berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) atas pagelaran dengan pemain sasando terbanyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya