Kamis 25 Agustus 2022, 10:05 WIB

Kadin Indonesia Dukung Ekspor dan Peningkatan kualitas Kopra dari Sulawesi Selatan

Media Indonesia | Nusantara
Kadin Indonesia Dukung Ekspor dan Peningkatan kualitas Kopra dari Sulawesi Selatan

DOK/KADIN INDONESIA
Pengurus Kadin Indonesia di gudang CV Aflaha Coconut Mandiri

 

 

KAMAR Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong upaya yang dilakukan oleh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Sulawesi Selatan yang melakukan ekspor kopra ke berbagai negara.

Kopra merupakan produk turunan berbahan utama buah kelapa yang dikeringkan. Siapa sangka, kelapa kering ini menjadi incaran berbagai negara di luar negeri.

Ekspor kopra tak terelakkan, jumlahnya mencapai puluhan ton. Kopra asal Sulawesi mendarat di belahan negara Asia seperti India, Thailand, Pakistan, hingga Vietnam.

“Kelapa dan produk turunannya memiliki potensi ekonomi yang tinggi. Oleh sebab itu, petani kelapa di Sulawesi Selatan harus diberdayakan dengan meningkatkan kualitas produk ekspor kelapa dan turunannya. Kadin Indonesia akan terus mengedukasi dan mengoptimalkan potensi UMKM-UMKM binaan.” Kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Dian
Prasetio.

Dia menambahkan salah satu kunci dalam memperbaiki perekonomian bangsa adalah dengan peningkatan ekspor. Hal itu membutuhkan peningkatan kualitas produk-produk ekspor Indonesia. Permintaan terhadap komoditas kelapa dan turunannya cukup tinggi dari pasar internasional.

Untuk mendukung pengembangan sektor ini, Kadin Indonesia menggandeng PT Restu Graha Dana dan CV Aflaha Coconut Mandiri. Mereka bertekad untuk bekerja sama dalam membina, menyerap produk dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan petani.

Sampai saat ini, PT Restu Graha Dana dan CV Aflaha Coconut Mandiri telah mengekspor kopra asal Sulawesi Selatan dan provinsi lain di Sulawesi ke beberapa negara tujuan, antara lain Pakistan, Afganistan, India dan Uni Emirat Arab. (N-2)

Baca Juga

AFP/Timur Matahari

Dinkes Sumut Laporkan Kasus Harian Covid-19 Bertambah 16 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 01:05 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara melaporkan kasus harian covid-19 di daerah tersebut bertambah sebanyak 16 orang pada...
MI/M Taufan SP Bustan

Melawan Paham dan Aksi Ekstrimisme Melalui Film

👤M Taufan SP Bustan 🕔Senin 26 September 2022, 23:50 WIB
Cerita dalam film ini adalah salah satu fakta yang ada pasca KSB Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso alias Abu Wardah eksis...
Medcom

Korban Terseret Arus di Pantai Batu Tampih Ditemukan Meninggal

👤Ruta Suryana 🕔Senin 26 September 2022, 22:10 WIB
TIM SAR akhirnya menemukan satu korban terseret arus di Pantai Batu Tampih, Tabanan, Bali, Senin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya