Kamis 11 Agustus 2022, 19:12 WIB

Pesisir Selatan Angkat 1.269 Guru Honorer Jadi ASN Tahun Ini

Yose Hendra | Nusantara
Pesisir Selatan Angkat 1.269 Guru Honorer Jadi ASN Tahun Ini

MI/JANUARI H
Sebanyak 292 guru honorer di Tapanuli Utara, Sumatra Utara, menerima SK PPPK dari Bupati Nikson Nababan pada 14 Juli 2022.

 

PEMERINTAH Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) bakal mengangkat 1.269 guru honorer jadi aparatur sipil negara (ASN) melalui seleksi Pegawai Pemerintah dan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel, Salim Muhaimin, mengatakan, jumlah kuota tahun ini merupakan kabar gembira bagi guru honorer di daerah.

Sebab, menurutnya, meski belum mengakomodasi jumlah guru honorer seluruhnya, secara bertahap sudah mulai banyak beralih status.

"Sebenarnya kita butuh sebanyak 2.571. Tapi, alhamdulillah tahun ini jauh lebih banyak," terangnya saat dimintai keterangan, Kamis (11/8).

Menurut data Data Pokok Pendidikan Dinas Pendidikan Pessel, jumlah guru yang masih berstatus honorer sebanyak 2.571 orang. Dari jumlah itu, honor daerah 986 orang, selebihnya berstatus honor sekolah.

"Itu guru yang masuk Dapodik SD, SMP, PAUD. Ada honor daerah dan ada honor sekolah," terangnya.


Baca juga: Sambangi Kalbar, Kemendagri Bahas Penyerapan Realisasi Anggaran Rendah


Meski belum menampung seluruh tenaga honorer guru di Pessel, menurut Salim, hal ini sudah merupakan kabar baik dan patut disyukuri. Dengan adanya penambahan pengalihan status lebih banyak, capaian Pemkab untuk meningkatkan kualitas pendidikan kesejahteraan guru jauh lebih baik.

"Sangat relevan dengan visi-misi bupati, semoga ini dapat meningkat kesejahteraan guru kita," terangnya.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pessel, Tamsir, membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, kuota PPPK untuk guru itu sudah ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Tahun ini untuk PPPK guru kita dapat jatah sebanyak 1.269 orang. Tapi untuk tenaga medis dan teknis lainya belum ada," katanya.

Ia menjelaskan, jumlah peluang PPPK guru tahun ini jauh lebih banyak daripada tahun lalu yang hanya berkisar ratusan orang.

"Ya, tahun ini alhamdulillah peluang lebih banyak. Semoga menjadi kabar baik bagi tenaga guru honor kita," pungkasnya. (OL-16)

Baca Juga

dok.ant

Kebakaran di Kawasan Padat Penduduk Rappokalling hancurkan 31 Rumah

👤Lina Herlina 🕔Selasa 27 September 2022, 12:00 WIB
SETIDAKNYA 31 rumah warga di kawasan padat penduduk di Jalan Rappokalling Timur, Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo, Kota Makassar,...
DOK/PERSIS

Persatuan Islam Gelar Muktamar ke XVI, Ridwan Kamil Suntikkan Semangat Memaslahatkan Umat

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 27 September 2022, 11:20 WIB
Selain merumuskan program kerja organisasi, melalui kegiatan inipun diharapkan jalinan kekerabatan di antara pengurus semakin...
DOK/LPPM ITB

LPPM ITB Meluncurkan AR Bahasa Isyarat, Dukung Kopi Saa-Cafein Cafe Inklusi

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 27 September 2022, 11:10 WIB
Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari perayaan hari Bahasa Isyarat pada 23 September...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya