Senin 08 Agustus 2022, 13:26 WIB

Pacu Layanan Kesehatan, Pemkot Semarang dan Good Doctor Kerja Sama

mediaindonesia.com | Nusantara
Pacu Layanan Kesehatan, Pemkot Semarang dan Good Doctor Kerja Sama

Ist
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menandatangani kerja sama dengan Good Doctor dalam rangka meningkatkan deraja kesehatan masyarakat.

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Semarang menyadari manfaat inovasi kesehatan digital dapat mendukung peningkatan pengelolaan derajat kesehatan masyarakat secara menyeluruh.

Oleh karena itu, pemerintah kota sering meluncurkan inisiatif baru untuk menjajaki kemungkinan bekerja sama dengan pihak swasta untuk menyediakan layanan kesehatan yang cerdas seperti telemedicine bagi masyarakat Kota Semarang.

Sebagai penyedia telemedicine pertama yang bekerja sama dengan Pemkot Semarang untuk akses kesehatan digital, PT Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) telah membuat kesepakatan bersama dengan Pemkot Semarang.

Kesepakatan antara Good Doctor dan Pemerintah Kota Semarang tentang peningkatan literasi dan akses layanan kesehatan digital bagi masyarakat Kota Semarang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Tujuan kerja sama ini adalah untuk membantu program kerja Pemerintah Kota Semarang dalam bidang kesehatan, membantu Pekot Semarang dalam mengimplementasikan program edukasi kesehatan kepada masyarakat untuk meningkatkan literasi kesehatan masyarakat Kota Semarang, dan memperluas akses layanan kesehatan yang merata melalui aplikasi kesehatan digital yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Kota Semarang.

Baca juga: Bagikan 4.577 Kue Merah Putih, Pemkot Semarang Pecahkan Rekor Dunia

Untuk mencapai tujuan kerja sama itu, Good Doctor akan memfasilitasi seminar daring atau memanfaatkan media sosial untuk penyampaian materi komunikasi, informasi, dan edukasi kesehatan kepada masyarakat Kota Semarang. 

Dalam acara penandatanganan itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi inisiasi yang dilakukan Good Doctor untuk membantu program kerja Pemerintah Kota Semarang dalam bidang kesehatan."

"Dengan pengalaman Good Doctor dalam memberikan layanan telemedicine termasuk edukasi kesehatan kepada masyarakat, kami yakin kerja sama ini dapat meningkatkan literasi kesehatan sekaligus kualitas kesehatan masyarakat Kota Semarang,” kata Hendrar dalam keterangan pers, Senin (8/8).

Dalam acara yang sama, Danu Wicaksana, Managing Director PT Good Doctor Technology Indonesia mengatakan, “Kami bangga dapat mendukung Pemerintah Kota Semarang dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Semarang sehingga seluruh masyarakat kota ini dapat hidup sehat."

"Kami sangat menghargai kepercayaan yang diberikan Pemkot Semarang dengan memastikan keamanan layanan yang kami berikan, termasuk keamanan data pengguna. Hal ini sesuai dengan sertifikasi ISO 27001 yang diakui secara internasional yang baru saja kami peroleh,” papar Danu.

Dikutip dari Profil Kesehatan Kota Semarang tahun 2020, pemerintah melalui program kesehatan mengharapkan agar seluruh masyarakat dapat hidup sehat. Indikator keberhasilan peningkatan kualitas hidup adalah tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang memadai.

Upaya tersebut harus didukung oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, biaya kesehatan yang murah dan dapat dijangkau seluruh lapisan masyarakat terutama lapisan yang tidak mampu, sehingga masyarakat mendapatkan manfaatnya secara merata dan tepat sasaran.

Sejak Pemerintah Kota Semarang mencanangkan Kota Semarang sebagai Kota Sehat pada 2014, penghargaan di bidang kesehatan pada tingkat nasional telah diraih kota ini.

Penghargaan Swasti Saba untuk Kabupaten Kota Sehat yang diadakan dua tahun sekali oleh Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri berturut-turut diterima oleh Kota Semarang pada 2015, 2017, 2019, dan 2021. 

Hasil itu tidak membuat Pemerintah Kota Semarang berpuas diri. Pemerintah menginginkan agar seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat dari pembangunan kesehatan yang dilakukan pemerintah.

Masih ada penduduk yang mengalami keluhan kesehatan, tetapi merasa tidak perlu berobat jalan atau memilih untuk tidak berobat jalan.

Dikutip dari Profil Kesehatan Kota Semarang Tahun 2020, alasan masyarakat memilih untuk tidak berobat jalan adalah waktu tunggu pelayanan lama dan tidak ada yang mendampingi. 

Kendala lain adalah rasio dokter dan penduduk yang belum ideal. Menurut WHO, rasio dokter dan penduduk yang ideal adalah 1:1.000.

Namun, berdasarkan data Badan Pusat Statistik Jawa Tengah 2021, jumlah dokter (termasuk dokter spesialis) di Kota Semarang sebanyak 791 sementara jumlah penduduk Kota Semarang berdasarkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang 2021 sebanyak 1.687.222 orang. Berarti rasionya sekitar 1:2.133.

Dengan kesepakatan bersama yang telah ditandatangani oleh Pemerintah Kota Semarang dan Good Doctor, kendala-kendala seperti itu bisa diatasi.

Telemedicine merupakan pelayanan kesehatan yang dapat mengatasi hambatan berupa faktor geografis, biaya, dan waktu dengan hasil yang baik.

Dengan layanan telekonsultasi yang diberikan oleh Good Doctor, masyarakat Kota Semarang tidak perlu mengantre lama untuk memperoleh layanan kesehatan.

Selain itu, layanan daring ini dapat diperoleh kapan pun dan di mana pun sehingga sangat nyaman untuk masyarakat.

Sebelum penandatangan kesepakatan bersama ini, Good Doctor telah bekerja sama dengan Pemkot Semarang dalam program vaksinasi Gotong Royong pada Oktober tahun lalu.

Kini dengan penandatanganan kerja sama ini, Good Doctor akan menyelenggarakan program peningkatan literasi dan akses layanan kesehatan digital untuk masyarakat Kota Semarang. 

Pemerintah Kota Semarang menyadari bahwa masa depan semua industri akan melibatkan teknologi dan mengadvokasi adopsi teknologi nasional secara luas.

Hal ini diwujudkan melalui konsep Smart City yang mereka luncurkan yang juga berfokus pada bidang kesehatan.

Menurut laporan Analisis Pasar Indeks Global Speedtest Ookla untuk Indonesia pada kuartal ketiga 2021, Semarang termasuk dalam 10 kota terpadat yang memiliki koneksi internet tercepat untuk layanan mobile dan fixed broadband.

Hasil ini didasarkan pada data dari gabungan semua penyedia layanan di negara tersebut. Dengan demikian, kerja sama yang diinisiasi oleh Good Doctor ini sekaligus mendukung perwujudan Kota Semarang sebagai Kota Cerdas. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

30.505 Nakes di Sumut Telah Divaksinasi Covid-10 Penguat Tahap Dua

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 01:21 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara mencatat sebanyak 30.505 dari 93.508 persen tenaga kesehatan di daerah tersebut telah mendapatkan...
ANTARA/Nova Wahyudi

BKSDA: Konflik Warga dengan Beruang di Sumsel Dipicu Musim Durian

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:45 WIB
Masa panen durian yang berlangsung saat ini menjadi salah satu indikator utama mereka hingga keluar dari kawasan hutan menyasar permukiman...
ANTARA/Aditya Rohman

Lansia Penabrak Angkot Tewaskan Tiga Orang di Sukabumi Jadi Tersangka

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:14 WIB
Penetapan tersangka ini pun berdasarkan dari hasil pemeriksaan kendaraan yang digunakan EH oleh Dishub Kota Sukabumi dan oleh ketua mekanik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya